Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Konsep Dasar Pemograman 29 Maret 2008

Filed under: Programming — Fendy Chandra @ 16:26
Tags:

programming.jpg

Sebelum kita memasuki pengertian programming, ada baiknya kita mengartikan dulu apa itu program, dalam hal ini program komputer.

Program: sekumpulan instruksi-instruksi yang “dikodekan” oleh programmer (orang yang membuat program) yang dapat dimengerti oleh computer yang nantinya akan dieksekusi oleh komputer.

Oleh sebab itu programming (pemograman) bisa dikatakan suatu kegiatan dalam membuat program komputer, atau membuat suatu kumpulan-kumpulan instruksi atau perintah ke komputer, atau istilahnya membuat sekumpulan “kode-kode” yang dimengerti oleh komputer. Agar komputer dapat mengerti instruksi-instruksi tersebut, maka dibutuhkan sebuah bahasa tersendiri, yaitu “kode-kode”, yang lebih dikenal dengan istilah “bahasa pemograman”.

Pemograman komputer sendiri memiliki banyak evolusi atau perubahan teknik dalam melakukannya, berikut ini beberapa teknik dalam pemograman komputer…

  • Pemograman Prosedural.

Pada pemograman procedural, program dibedakan atas bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan/urutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun atau procedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman procedural. Contoh bahasa pemograman yang mendukung pemograman procedural adalah Basic, Pascal, C, dan lain-lain.

  • Pemograman Functional.

Pada pemograman functional lebih dtekankan pembangunan fungsi-fungsi, seperti fungsi-fungsi di dalam perhitungan matematika. Fungsi merupakan pembangun utama program sehingga fungsi-fungsi ini dapat dilewatkan parameternya dan mengembalikan nilai yang sudah diproses, yang lebih dikenal dengan istilah return.

  • Pemograman Terstruktur.

Pada dasarnya pemograman terstruktur merupakan suatu teknik yang memecah masalah besar menjadi lebih kecil dan lebih mudah dipahami. Biasanya masalah-masalah kecil ini dipetakan dan diimplementasikan ke dalam suatu procedure atau fungsi (function).

  • Pemograman Declarative.

Pada pemograman declarative, suatu permasalahan dideskripsikan dengan pernyataan (declarative) daripada penggunaan implementasi algoritma. Pemograman declarative ini sering disebut juga dengan pemograman logika. PROLOG dan CLIPS merupakan bahasa pemograman yang bersifat deklaratif.

  • Pemograman berbasis modul.

Teknik pemograman berbasis modul ini adalah dengan menciptakan banyak modul, masing-masing modul merupakan suatu grup atau kelompok dari entitas variabel, procedure, maupun fungsi, modul dapat juga diartikan dengan sebuah program kecil yang mandiri. Bahasa pemograman ADA mendukung pemograman modul ini.

  • Pemograman berorientasi objek (OOP).

Konsep utama pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming) yaitu melakukan permodelan objek dari kehidupan nyata ke dalam tipe data abstrak. Jelasnya, pemrograman berorientasi objek merupakan konsep pemrograman untuk memodelkan objek yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. OOP membawa konsep yang sama sekali berbeda dengan teknik pemograman sebelumnya, sehingga bisa disebut juga OOP memunculkan “paradigma” pemograman yang baru. Untuk mengetahui konsep OOP lebih dalam akan kita bahas dalam tulisan selanjutnya. Contoh bahasa pemograman yang mendukung OOP adalah java, C++, smalltalk, dan lain-lain.

Happy Reading…………. GOD BLESS U…………

Sumber : http://www.ilmukomputer.com

 

 

One Response to “Konsep Dasar Pemograman”

  1. militan-xt Says:

    mboh!!!!!!!!!!!!!!!! mumuet coding


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s