Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Nano Technology : Nano Radio : 17 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 07:08

Nano Technology

: Nano Radio :

Teknologi nano sekarang menjadi trend dan merupakan teknologi yang disebut-sebut sebagai teknologi masa depan yang cemerlang “next big things”. Teknologi nano merupakan sebuah system manufaktur molekul yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah objek dari beberapa kompleksitas kewenangan secara mekanis dengan menggabungkan molekul ke molekul, satu dengan lainnya sampai terbentuk dengan baik yang terbentuk secara atomik.

Kenyataan, sekarang ini kata “nano” disempitkan pengertiannya, yaitu segala sesuatu yang essensialnya berukuran kecil. Kita akan membahas teknologi nano yang sekarang ini sedang dikembangkan, yaitu “nanotube radio” atau radio dengan teknologi tabung yang berukuran nano.

Nanotube radio pertama kali ditemukan idenya pada tahun 2007 oleh seorang fisikawan yang bernama Alex Zettl dan koleganya di University of California, Berkeley. Mereka termasuk orang-orang yang memliki prestasi yang menggagumkan di bidangnya. Cara kerja tabung nano ini demikian : sebuah karbon tabung radio (carbon nanotube radio) menyetem signal untuk di-broadcast atau disiarkan, kemudian dilakukan amplifies atau penguatan sinyal, lalu dirubah ke dalam signal audio kemudian mengirimkannya ke speaker(alat penguat suara) yang dibentuk sedemikian rupa yang memungkinkan telinga manusia dapat mengenalinya, yaitu pada frekuensi pendengaran yang bisa diterima oleh telinga manusia.

Teknologi ini, kata perancangnya, dapat menjadi sebuah basis untuk pengembangan aplikasi-aplikasi revolusioner ke masa yang akan datang, misalnya alat membantu pendengaran (hearing aids), telepon selular maupun iPods dapat dibentuk sekecil mungkin untuk mencocokkan bentuk pada kanal telinga kita, dan yang tidak kalah menarik, yaitu teknologi nanoradio ini akan dengan mudah digunakan secara mudah dimasukkan ke dalam sel-sel makhluk hidup, yang nantinya akan menjadi sebuah mimpi atau visi untuk mengembangkan teknologi yang dimungkinkan untuk membuat nano radio itu dapat dikontrol secara radio-controlled untuk melalui aliran darah agar dapat memperbaiki sel-se otak maupun sel-sel otot kita yang mengalami kerusakan.

Berikut ini gambar dari anatomi nanoradio :

picnanoradio1

picnanoradio2

picnanoradio3

Dengan hanya satu nanotube dapat melakukan semua fungsi standar yang ada pada sebuah radio biasa. Ukurannya yang sangat kecil memungkinkan nanotube radio dapat melakukan getaran(vibrate) secara cepat untuk menapkan sinyal radio. Nah, kita sudah meilhat sedikit gambaran tentang teknologi nano radio ini, semoga bermanfaat. Ada sebuah kutipan yang menarik dari teknologi nano radio ini, yaitu : “radio waves are invisible, and now radios are, too” yang berarti : dulu gelombang radio tidak kelihatan oleh mata telanjang, namun sekarang radio itu sendiri pun tidak kelihatan oleh mata telanjang. Happy Reading..

Sumber : majalah scientific America Edisi maret 2009

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s