Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Kenali Karaktermu Dari Bermain Game 18 Juni 2009

Filed under: My Article — Fendy Chandra @ 16:15
Tags: , , ,
Belajar Dari Game

: Kenali Karaktermu Dari Bermain Game :

pickompilasiGame

Game, merupakan suatu kegiatan atau aktifitas yang kita lakukan untuk dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan, biasanya dapat dilakukan sendiri atau secara bersama-sama (Wikipedia.org)

Sadarkah kita bahwa kita dapat belajar dari bermain game (permainan) yang kita mainkan sehari-hari, saya menyadari bahwa bermain game bukan semata-mata bersifat negatif, misalnya : hanya menghabiskan waktu dan terbuang sia-sia hanya untuk membuat kita bisa merasa senang, kemudian membuat kita kecanduan dan tidak lagi bisa berpikir realisitis dan lain sebagainya. Game yang saya maksudkan disini bukan game secara umum, namun kita akan membahas game yang lebih khusus, yaitu game yang dimainkan pada komputer, namun pada kasus tertentu dapat juga kita ambil nilai positifnya untuk game secara umum. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita dapatkan atau lebih tepatnya kita “manfaatkan” dari game yang sering kita mainkan sehari-hari.

Pertama-tama, mari kita lihat game atau permainan yang sering kita mainkan sehari-hari, ada begitu banyak genre/jenis game yang ada di pasaran, misalnya : puzzle, RTS (Real Time Strategi), RPG (Role Playing Game), FPS (First Person Shooter), Arcade, Sport, Simulation dan lain sebaginya. Kalau saya sendiri lebih suka memainkan game yang ber-genre atau berjenis RPG, bagaimana dengan Anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bermain game memang seringkali membuat kita lupa waktu, bahkan dalam kasus yang tertentu bisa dikatakan ”lupa daratan”, kita harus bijak dalam mengatur waktu yang kita pakai untuk bermain game, karena kalau tidak bisa jadi berbahaya. Namun jika kita telusuri lebih dalam lagi mengenai jenis-jenis game yang ada kita dapat menentukan karakter kita dan kesukaan kita, karena pada dasarnya setiap orang memliki ketertarikan khusus atau spesifik terhadap suatu hal.

Mari kita lihat pengalaman pribadi saya sejenak, saya sebenarnya bukan termasuk orang yang suka sekali dengan game, namun sesekali saya juga sering meluangkan waktu senggang untuk bermain game, namun tidak sampai berlarut-larut. Jenis game yang senangi adalah RPG (Role Playing Game), yaitu game yang memiliki alur cerita yang sudah di-set, dimana kita harus mengikuti alur cerita untuk memasuki tahap selanjutnya sesuai alur cerita, biasanya dengan berjalannya waktu kita akan memiliki pengalaman yang lebih dari sebelumnya, biasanya dipetakan dengan yang namanya level. Salah satu game RPG yang saya senangi adalah”Final Fantasy”, mungkin anda juga mengetahui game ini. Apa yang bisa saya pelajari dari bermain game ini, jawabannya adalah dalam melalui hidup, kita tidak bisa hanya terpaku saja dan menunggu datangnya keajaiban namun tidak berusaha untuk meningkatkan pengalaman/experience atau level kita dalam kehidupan, dan kita juga harus menghadapi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam hidup kita secara tiba-tiba, oleh karena itu kita harus bisa mempersiapkan diri kita secara matang untuk menghadapi level berikutnya dalam kehidupan kita, tanpa persiapan dan belajar banyak dari pengalaman sebelumnya kita pasti akan kocar-kacir melewati level selanjutnya dalam hidup kita, karena biasanya semakin tinggi level hidup kita, maka tantangan yang kita hadapi juga akan semakin berat. Saya termasuk orang yang tidak begitu pintar dalam memainkan game berjenis RTS (Real Time Strategy), dan seringkali kalah kalau memainkan game berjenis RTS ini, dari hal ini saya mendapatkan pelajaran yang berharga bahwa saya termasuk orang yang tidak begitu kuat dalam hal mengatur posisi pasukan, membangun suatu serangan yang baik dan lain sebagainya, oleh karena itu saya seringkali kalah kalau memainkan game berjenis RTS ini, hal yang paling mencolok yang saya rasakan menjadi kelemahan saya adalah saya termasuk orang yang suka menunda-nunda sesuatu, misalnya saat hendak menyerang pihak lawan. Sepenggal cerita tersebut tersebut menyadarkan kita bahwa ada yang bisa kita ambil atau manfaatkan saat kita bermain game, yaitu kita bisa mengetahui karakter kita sebenarnya, baik itu kekurangan maupun kelebihan kita supaya kita dapat belajar menjadi lebih baik dalam kehidupan yang kita jalani dengan mengoreksi kelemahan-kelemahan kita dan memperkokoh kelebihan-kelebihan kita. Masih banyak hal yang kita bisa pelajari dari bermain game, hanya saja kita harus peka, jangan hanya terhanyut dalam permainan tersebut, namun berpikir kritis-lah terhadap permainan itu, manfaat apa yang bisa kita dapatkan dan menilik kelemahan-kelemahan terpendam kita yang harus kita perbaiki segera.

Tulisan ini hanya sedikit contoh yang bisa kita pelajari dari manfaat bermain game, sebenarnya masih banyak pelajaran-pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan dengan bermain game, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, hanya saja kita harus peka terhadap apa yang kita lakukan, misalnya beberapa game berjenis puzzle dapat meningkatkan kinerja otak kita, kemudian beberapa game berjenis sport dapat meningkatkan konsentrasi kita, lalu beberapa game berjenis simulasi managerial memperlihatkan seberapa baik kita mengatur kehidupan dan keuangan kita.

Demikian tulisan ini dibuat agar kita tidak hanya sekedar bermain menghabiskan waktu luang dengan hanya memuaskan perasaan maupun keinginan kita, namun kita dapat mengambil manfaat yang lebih dari apa yang kita lakukan. Teruslah mengeksporasi diri anda lebih dalam dengan bermain game, pilihlah game yang positif, jauh dari kekerasan dan unsur SARA. Cobalah beberapa jenis game untuk mengeksplorasi dan mengetahui kecocokan dan karakter diri Anda lebih dalam.

Happy Reading.. GBU…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s