Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Evolusi Perangkat Elektronik Radio 19 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 05:33
Tags:

Evolusi Perangkat Elektronik Radio

Radio merupakan sebuah alat yang komunikasi yang berfungsi sebagai alat penerima yang mendeteksi dan menangkap serta melakukan demodulasi dan penguatan sinyal pengirim berupa gelombang radio elektromagnetik atau lebih singkat dapat dikatakan sebagai suatu alat berupa sistem komunikasi broadcasting melalui gelombang radio elektromagnetik. (wordnet.princeton.edu)

Dari dulu radio merupakan suatu alat yang yang sudah digunakan untuk mendapatkan informasi. Pada artikel ini saya tidak akan membahas secara detil perkembangan penggunaan radio dari awal tercipta sampai sekarang ini, saya lebih menyoroti perkembangan perangkat atau alat yang digunakan yang berevolusi sedemikian rupa dari awalnya yang memiliki bentuk yang sangat besar sampai sekarang menjadi sangat kecil, bahkan sangat-sangat kecil sekali. Sekarang muncul teknologi yang memunginkan sebuah perangkat radio bisa memiliki ukuran yang sangat kecil sampai berukuran nano. Untuk dapat lebih jelasnya tentang teknologi nanotube radio, dapat dilihat di artikel saya lainnya disini.

Berikut ini dapat kita lihat gambar yang menunjukkan evolusi perangkat radio :

picradio1931

picradio1954

picradio2003

picradionow

Hal yang menarik disini yang dapat kita lihat bahwa mulai tahun 2007 sampai sekarang, kita lihat bahwa ukuran radio bahkan tidak terlihat oleh kasat mata atau dengan mata telanjang, berubah secara evolusioner dari sebuah perangkat yang berbentuk sebuah kotak yang cukup besar ke sebuah tabung nano (nano tube) yang hanya dapat dlihat melalui sebuah mikroskop yang canggih.

Bahkan tidak hanya sampai disini, nantinya teknologi ini akan dapat diterapkan ke berbagai bidang lainnya, tidak hanya berfungsi sekedar sebuah modulator dan penguat sinyal radio, namun dapat difungsikan menjadi sebuah alat untuk mengirimkan partikel-partikel obat langsung ke dalam tubuh kita, maupun sebagai sebuah alat untuk menolong orang-orang yang terjebak ke dalam sebuah tambang, selengkapnya baca disini.

sumber :

http://wordnet.princeton.ude/perl/webwn?s=radio (defenisi radio)

– Majalah Scientific American edisi maret 2009

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s