Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Penerapan Teknologi Nano Radio 19 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 08:13
Tags: , ,

Penerapan Teknologi NanoRadio

Sebelumnya kita sudah melihat artikel tentang nanoradio dan evolusi perangkat radio, sekarang kita akan melihat penerapan lainnya yang bisa digunakan dengan menggunakan teknologi nano radio ini. Nanoradio bukan hanya sebuah proyek dan hasil pekerjaan yang memikat. Kemampuannya untuk mengirim dan menerima sinyal dari sebuah perangkat mikroskopik akan menjadikannya sebuah pengembangan dengan perkembangan yang sangat cepat untuk menciptakan revolusi teknologi baru yang hebat. Pertanyaannya adalah, apa yang dapat dilakukan oleh sebuah radio yang tidak dapat kita lihat dengan kasat mata itu. Diantaranya adalah sebuah alat atau sistem pengiriman partikel obat ke dalam jaringan sel kita dan juga membuat sebuah robot yang dapat membantu manusia dalam melakukan penyelamatan pada daerah-daerah yang terkena bencana, misalnya kecelakaan dalam pertambangan. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat satu-persatu :

 

 

  1. Liliputian Drug Delivery System.

Teknologi nano pada dasarnya memang dirancang dari sebuah kumpulan teori, harapan dan spekulasi ke dalam sebuah praktik aplikasi, perangkat yang bisa bekerja dan bermanfaat. Pada awalnya teknologi nanoradio memang dirancang untuk menciptakan kumpulan aplikasi-aplikasi praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan manusia, contohnya adalah generasi baru alat komunikasi, implantasi (penanaman) ke dalam sel-sel otot maupun sel-sel otak. Salah satu contoh penerapannya adalah radio-controlled drug delivery system, yaitu pengiriman partikel-partikel obat ke dalam jaringan sel manusia yang dapat di kontrol melalui gelombang radio. Cara kerjanya sebagai berikut, pertama-tama sebuah paket molekular disuntikkan ke dalam sel yang rusak maupun sel kanker yang di dalamnya telah ditanamkan nanoradio, kemudian paket itu akan masuk ke dalam sel-sel kita dan begerak melalui jaringan aliran darah kita untuk menemukan kanker atau tumor, lalu sebuah sinyal kontrol gelombang radio akan memicu paket tersebut untuk melepaskan partikel obat tersebut ke dalam sel kanker atau tumor dan kemudian menghancurkannya.

Teknologi nanoinjection ini bekerja lebih baik dari teknik lama dimana orang mencoba untuk menggunakan micropipettes (pipet yang berukuran mikro) yang dapat membuat sel kita tertusuk dan mengalami kebocoran pada sel.

Berikut ini gambar ilustrasi dari teknologi liliputian drug delivery system :

image001

 

 

  1. Insect-size ro
    bot with nano radio gas sensors
    .

Cara kerjanya adalah : sebuah robot serangga berukuran kecil diperlengkapi dengan nano gas sensor dikirimkan ke dalam sebuah pertambangan yang rusak atau collapse/runtuh dan tempat-tempat berbahaya lainnya yang mengandung racun berbahaya, kemudian sebuah kamera mini dipasang pada robot tersebut yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang nantinya akan memberi peringatan kepada pada penyelamat agar berhati-hati apabila ada gas-gas racun yang berbahaya. Alat ini sangat membantu para penyelamat agar mereka juga bisa berhati-hati sambil menolong orang-orang yang terjebak di dalam tambang yang runtuh atau tempat lain yang kemungkinan masih mengandung gas-gas udara dan racun yang berbahaya.

Berikut ini gambar ilustrasi dari insect-size robot with nanoradio sensor :

image002

Demikianlah sedikit ulasan tentang penerapan teknologi nanoradio pada praktik aplikasi dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Happy Reading…

Sumber : majalah scientif american edisi maret 2009

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s