Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Selamatkan Otak Anda Sekarang 19 Juni 2009

Filed under: My Article,Science and Technology — Fendy Chandra @ 18:12
Tags: , ,

Selamatkan Otak Anda Sekarang

 

image001

Tepatnya, selamatkan “sel otak baru” anda sekarang. Penasaran?? Mari kita telusuri lebih lanjut. Sebagai seorang manusia, tentunya setiap kita masing-masing memiliki otak. Pada dasarnya, otak kita merupakan organ yang vital dalam sistem tubuh kita, otak adalah boss (pemegang kendali) tubuh kita. Otak menjalankan kehidupan kita dan mengontrol segala sesuatu yang kita kerjakan, bahkan saat kita tidur sekalipun.

Otak merupakan pusat dari system saraf kita. Otak kita terdiri dari beberapa bagian yang saling bekerja sama. Ada 5 bagian yang merupakan pemegang kunci dari system otak kita, yaitu :

–  cerebrum (dieja: shu-ree-brum)

–  cerebellum (dieja: sair-uh-bell-um),

–  brain stem

–  pituitary gland (dieja: puh-too-uh-ter-ee glan)

–  hypothalamus (dieja: hy-po-thal-uh-mus)

Selangkapnya untuk penjelasan tiap bagian dapat klik disini.

Saat menonton televisi, membaca koran atau artikel, mendengar di radio, membaca buku, ataupun browsing di web, Anda mungkin seringkali mendapatkan berita atau iklan yang menghimbau Anda untuk melakukan latihan terhadap otak Anda, yang sering juga disebut dengan brain fitness programs. Beberapa program dari brain fitness programs mendorong kita untuk meremajakan otak dengan cara melakukan kegiatan ini setiap harinya secara rutin, melakukan segala hal yang berkaitan dengan menguatkan memori otak serta memecahkan masalah dalam sebuah puzzle.

Kedengarannya seperti sebuah tipuan atau hanya sebuah iklan untuk meraup keuntungan, namun pada kenyataannya program-program tersebut memiliki sebuah kenyataan mendasar di dalam bidang neurobiology (bidang ilmu yang mempelajari tentang kaitan syaraf pada makhluk hidup) . Kegitan-kegiatan seperti itu dapat menolong otak kita dari kehancuran, kasarnya begitu.

Dasarnya apa? mungkin pertanyaan itu yang muncul di benak kita. Ya, saya akan menjelaskan sedikit ulasan mengenai hal ini. Berawal dari tahun 1990-an ilmuan neurobiology mempelajari dengan keras bahwa otak mamalia dewasa memiliki kemampuan menambah atau menumbuhkan jaringan saraf (neurons) baru, kemudian seorang dari Rockefeller University mendemonstrasikan bahwa sel-sel baru dapat bertumbuh pada otak manusia dewasa, terutama di bagian yang disebut dengan hippocampus, yang merupakan bagian yang terlibat pada aspek pembelajaran dan memori. Kemudian pada tahun 1988 seorang ilmuan neuroscientist di Amerika dan Swedia juga menemukan hal yang sama, bahwa neurogenesis juga terjadi pada manusia, dimana sebelumnnya yang diteliti adalah hanya mamalia, yaitu pada tikus. Intinya adalah ini, “bahwa jaringan saraf pada otak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi baru, dan tentunya sel-sel saraf otak yang sebelumnya dapat mengalami kerusakan bahkan mati”.

Berikut gambar yang menunjukkan neuron yang bertumbuh dan ber-regenerasi, neuron yang di-highlight berwarna merah menunjukkan neuron yang baru tumbuh dikelilingi oleh neuron dewasa :

image002

 

Berikut konsep dasar yang akan membawa kita lebih ke dalam lagi, yaitu:

  1. Beribu-ribu sel baru dihasilkan pada otak manusia dewasa setiap harinya, terutama pada bagian yang disebut hippocampus.
  2. Dalam beberapa minggu, banyak dari sel-sel baru ini akan mengalami kerusakan ataupun mati, kecuali binatang atau manusia itu dengan giat mempelajari sesuatu yang baru. Belajar, khususnya yang menyertakan usaha yang baik dapat mempertahankan dan memelihara sel-sel saraf (neurons) ini tetap hidup.
  3. Meskipun neurons kelihatannya tidak penting bagi beberapa kebanyakan tipe pembelajaran, tapi mereka memiliki peranan penting dalam memprediksikan masa yang akan datang melalui pengalaman di masa lampau. Meningkatkan neurogenesis (pertumbuhan sel-sel saraf baru) dapat membantu mengurangi kemunduran sistem kognitif (teori) dan menjaga agar sel-sel otak tetap bertahan.

Use it or lose it” (gunakan itu atau kamu akan kehilangannya) , kata-kata ini yang paling tepat untuk merepresentasikan neurogenesis ini. Bayangkan, beribu-ribu sel saraf otak kita akan rusak dan mati sia-sia setiap harinya jika kita tidak menggunakannya dan melatihnya dengan baik. oleh karena itu, marilah kita gunakan waktu kita untuk terus belajar dan belajar, latihlah otak kita setiap harinya untuk menjaga agar otak kita tetap sehat dan segar. Hindari juga minuman-minuman keras yang mengandung alkohol yang dapat mempercepat kerusakan sel -sel saraf otak kita.

Happy Reading….

Sumber : http://Kidshealth.org/kid/htbw/brain.html

                   Majalah scientif american edisi maret 2009

 

2 Responses to “Selamatkan Otak Anda Sekarang”

  1. piter Says:

    Bagus nih infonya..tetapi selain itu asupan gizi juga berpengaruh bukan?

  2. Terima kasih.. Betul sekali.. Asupan gizi juga penting sekali.. Paling tidak bisa diumpamakan seperti oli pada mesin.. Semakin bagus dan terjaga olinya.. Maka akan semakin baik kinerja mesinnya.. Begitu juga otak kita.. Semakin bagus dan terjaga asupan gizinya maka akan semakin bagus juga kinerjanya..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s