Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Microsoft Bing Vs Google Search Engine 20 Juni 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 09:32
Tags: ,

Akan Tergeruskah Popularitas Google?

Belum lama ini Microsoft, sebuah perusahaan raksasa di bidang IT mengembangkan mengembangkan sebuah search engine (mesin pencari) baru yang diberi nama Bing yang beralamatkan di bing.com untuk menandingi dominasi Google di ranah search engine. Berikut ini gambar screenshot dari Bing:

picbing

Siapa yang tidak kenal GoogleInc, sebuah perusahaan yang menanjak sedemikian hebat dengan produk search engine yang membuat kita lebih mudah dalam mencari data-data di internet. Sampai sampai ada istilah kalau ingin mencari sesuatu di internet tinggal duduk manis di depan monitor yang terhubung dengan internet lalu tanya Paman Google (‘Ask Uncle Google’).

Namun belakangan ini banyak bermunculan search engine baru yang ingin meruntuhkan dominasi Google, salah satunya adalah Bing.com, besutan Microsoft. Pertanyaannya, mampukah Bing melakukan itu? Masih menjadi pertanyaan besar. Walaupun Google telah mapan dalam hal ini, namun Bing juga tidak boleh diremehkan. Bing pada awal direncanakannya memang khusus dibuat untuk meruntuhkan dominasi Google. Jadi memang sepertinya Google harus berhati-hati. Bahkan petinggi Google, yaitu Patrick Pichette yang merupakan Chief Financial Officer Google dan beberapa petiggi lainnya mengakui telah membentuk pertemuan khusus untuk membicarakan Bing, seperti yang dilansir oleh detikcom. Microsoft Bing memang tidak boleh diremehkan, terbukti dari prestasi-prestasi yang telah ditorehkan hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

Tercatat, baru 2 minggu saja sejak Bing diluncurkan, pangsa pasar Microsoft untuk situs pencarian naik sebesar 3%, demikian riset data dari ComScore Inc. Terlihat bahwa Bing dapat menghasilkan respon yang positif sejak awal diluncurkannya.

Data lain, yaitu dari CNet menunjukkan adanya geliat dalam analisa trafik yang cukup signifikan dari Bing. Walaupun Google masih memimpin dengan dominan di angka 71,74%, namun sekarang ini Bing telah duduk di posisi ke-2, dengan statistik trafik sebesar 16,28% yang sekaligus menggeser posisi Yahoo yang kini hanya memiliki pangsa pasar sekitar 10% saja.

Sebelumnya pihak Yahoo sendiri telah mengatakan akan santai-santai saja menghadapi Bing, namun sekarang mereka tidak boleh diam dan berpaku tangan lagi karena sudah tergerus dengan kehadiran Bing.

Tidak hanya sampai disitu, CEO Microsoft: Steve Ballmer mengatakan Microsoft akan terus melakukan inovasi-inovasi lainnya untuk menambah kekuatan Bing mereka. Dia mengatakan bahwa, walaupun Bing mendapatkan respon yang bagus, mereka tidak mau membuat ekspektasi yang berlebihan. “Kami harus bekerja keras dan terus melakukan inovasi dalam jangka waktu yang lama.” ujar Ballmer.

Akankah Google akan tergerus habis oleh Bing? Kita masih belum bisa menetapkan dengan pasti. Mari kita pantau bersama-sama perkembangan kedua raksasa di ranah Search Engine ini.

Sumber : http://detikinet.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s