Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

10 Fenomena Yang Tidak Dapat Dijelaskan Oleh Sains 24 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 17:08
Tags: , , ,

10 Fenomena Yang Tidak Dapat Dijelaskan Oleh Sains

pichumanandwolrd

Tidak dapat dipungkiri ilmu pengetahuan memang hal yang menakjubkan, hampir semua hal menyangkut kehidupan dapat dijelaskan dengan ilmu pengetahuan, misalnya: menjelajah antariksa, mengobati penyakit, menemukan obat-obat baru, dan lain sebagainya. Namun tidak serta-merta segala hal yang terjadi di kehidupan kita dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan atau yang sering disbut sains. Berikut ini tercatat ada 10 fenomena yang hingga kini belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Penasaran? Mari kita telusuri satu-persatu:

Degungan Taos, penduduk dan pengunjung di sebuah kota kecil di Taos, yang terletak di New Mexico selama bertahun-tahun diganggu oleh dengungan yang aneh. Degungan tersebut mengeluarkan suara yang berfrekuensi rendah yang mengumandang di sepanjang udara di daerah sekitar gurun pasir. Sebagian orang meyakini bahwa suara tersebut disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. Hingga saat ini misteri degungan aneh ini belum juga terpecahkan.

BigFoot, dalam puluhan tahun ini belakangan ini dilaporkan temuan makhluk hidup besar yang berambut hampir di sekujur tubuhnya, berkaki besar (makanya sering disebut dengan BigFoot), meninggalkan jejak di sepanjang daerah di Amerika. Bahkan ada beberapa kasus yang menyertakan saksi mata yang melihat makhluk itu. Namun bukti yang disertakan biasanya hanya berupa rekaman foto atau video saja. Bigfoot ini oleh mayoritas orang dianggap hanya sebuah mitos saja, dan secara ilmiah makhluk ini juga belum terbukti kebenarannya.

Intuisi atau sering disebut juga “indera keenam”, nyaris hampir setiap kita pernah memiliki pengalaman menggunakan instuisi kita baik itu secara sengaja atau tidak, secara langsung maupun tidak langsung. Kajian psikologi menganalisanya sebagai kemampuan manusia dalam mengenali suatu peristiwa dengan mengumpulkan informasi sekitar ditambah dengan pengalaman hidupnya. Kita mungkin kadang merasa bisa mengetahui tentang sesuatu padahal mungkin kita tidak paham bagaimana caranya, hanya mengalir dengan sendirinya. Dalam ilmu pengetahuan, hal ini juga belum ada penjelasan yang dapat diterima dengan baik.

Hilang secara misterius, manusia bisa saja hilang karena banyak alasan, misalnya: melarikan diri, kecelakaan, terbunuh, dan kejadian lainnya, namun tetap masih dapat ditemukan lagi. Namun ada beberapa kasus dimana orang bisa menghilang secara misterius tanpa bisa diketahui keberadaannya. Sebut saja sejumlah kru kapal Spanyol Marie Celeste, Jimmy Hoffa, Amelia Earthart, dan Natalee Holloway. Sampai sekarang belum juga ada penjelasan tentang misteri hilangnya orang-orang ini.

Hantu, dari karya Shakespeare, dari majalah misteri, novel misteri, sampai acara televisi terkini selalu menceritakan adanya penampakan kembali dari adanya roh orang yang sudah meninggal. Pemburu hantu serta teknologi paling hebat dan canggih sekalipun belum bisa menjelaskan secara ilmiah tentang makhluk ini yang dapat diterima dengan pengetahuan manusia.

Déjà Vu, mungkin kita sering merasakan ini, déjà vu berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pernah terlihat” , déjà vu adalah peristiwa dimana kita merasa pernah mengalami kejadian yang sama di masa silam. Beberapa orang menganggap hal ini sebagai pengalaman di kehidupan sebelumnya. Para psikolog mencoba untuk menjelaskan peristiwa ini secara naturalistik, namun hal ini masih tetaplah sebuah misteri.

UFOs (Unidentified Flying Objects), kita semua mestinya tahu tentang UFO. Berita-berita tentang UFO sempat gencar-gencarnya terdengar di tahun-tahun 80-an hingga 90-an. UFO sering juga disebut dengan “piring terbang”, karena banyak penampakan yang terjadi terlihat seperti piring atau piring-piring yang beterbangan sekaligus mengeluarkan cahaya-cahaya atau sinar yang cukup terang. Para astronom meyakini bahwa benda-benda tersebut berasal dari luar angkasa. Namun, apakah ada makhluk hidup di luar sana? Sebuah pertanyaan yang belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan.

Mati Suri, yaitu pengalaman nyaris mati dan hidup setelah mati atau mati sesaat kemudian tiba-tiba hidup lagi. Ternyata kejadian ini dialami oleh manusia di semua benua di dunia. Sampai sekarang pun belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Kekuatan psikis atau supranatural, yaitu kekuatan yang melebihi instuisi manusia, yaitu dimana orang bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sebagian mendapatkannya dari mimpi dan sebagian mendadak mendapat penglihatan tentang apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Hal ini juga belum dapat dianalisa dan dijelaskan secara ilmiah.

Hubungan Tubuh dengan Pikiran, ilmu kesehatan memang mempercayai bahwa pikiran kita sangat mempengaruhi kondisi fisik kita. Pada efek placebo misalnya, yang mendemonstrasikan bagaimana suatu penyakit dapat berangsur membaik dengan cara si pasien memikirkan hal-hal yang positif. Sampai sekarang ilmuan belum mampu menjelaskan dengan detil bagaimana hubungan antara pikiran dan tubuh kita.

Demikianlah sedikit ulasan tentang hal-hal yang masih belum dapat dijelaskan secara ilmiah oleh sains. Happy Reading.

Sumber : netsains.com

 

4 Responses to “10 Fenomena Yang Tidak Dapat Dijelaskan Oleh Sains”

  1. wahyu am Says:

    Dengungan itu keknya menarik😀

  2. Rully Satriawan Says:

    Hii, perkenalkan saya Rully. Senang baca tulian ini, ternyata banyak yang baru dan tidak terpikir sama saya….

    Bila ada waktu silakan mampir ke swaramuda.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s