Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Microsoft Anti Virus Diberikan Secara Gratis 25 Juni 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 15:13
Tags: , , ,

Microsoft menyatakan akan segera mengedarkan software antivirusnya yang disediakan gratis pada 23 Juni 2009.

picmicrosoftfreeav

Perusahaan raksasa di bidang Information Technology (IT), yakni Microsoft menyatakan akan segera mengeluarkan software antivirusnya yang akan diberikan secara gratis pada tanggal 23 juni 3009. Rupanya Microsoft tidak mau ketinggalan dalam hal yang satu ini. Itulah yang dinyatakan oleh perwakilan dari Microsoft di hadapan pers beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya produk tersebut sudah diuji coba untuk pertama kalinya di empat negara, yakni AS, China, dan Israel mulai selasa (23 juni 2009). Pada saat itu Microsoft membatasi hingga 75.000 orang saja yang boleh mengunduh software tersebut dari situsnya dari keempat negara tersebut.

Rencananya, versi beta dari Microsoft Security Essentials (MSE) ini akan segera beredar untuk publik. Tentunya ini merupakan hal yang menggembirakan sekaligus hal yang menarik untuk dicoba. Apalagi banyak sekali pengguna software Microsoft yang kelabakan karena seringkali terserang oleh malware. Mungkin ini merupakan tindakan dari Microsoft yang menjawab respon dari pengguna-pengguna software Microsoft tersebut. Karena selama ini Microsoft dinyatakan tidak mampu mengatasi dengan baik hal yang satu ini dan juga memiliki track record yang buruk dalam hal ini.

Sebelumnya, proyek ini dinamakan Morro, dimana pengguna sistem operasi Microsoft ditawarkan proteksi khusus untuk dapat melawan virus, spyware, dan trojan. Aplikasi Morro ini tersedia dalam paket gratisan juga dimana nantinya dapat berjalan di lingkungan sistem operasi Windows XP, Vista, dan Windows 7 (Windows Seven). Aplikasi ini memang dicocokkan dan dibuat khusus untuk sistem operasi besutan Microsoft saja.

Pesaing-pesaingnya seperti AVG, Symantec, dan Kaspersky lebih berperan jauh dalam mengatasi virus, spyware, maupun trojan dibandingkan Microsoft sendiri. Namun dengan munculnya produk dari Microsoft ini mungkinkah dapat meruntuhkan dominasi pemain-pemain sebelumnya di ranah software antivirus? Karena pada review sebelumnya terhadap versi beta-nya menunjukkan bahwa produk dari Microsoft ini tidak lebih baik dari produk-produk freeware sejenisnya, dan jauh di bawah produk sejenis dengan lisensi solusi berbayar. Akankah Microsoft dapat menggebrak dengan produk antivirus gratisannya ini, atau malah akan tenggelam sama seperti produk terdahulunya yang sejenis ini, yakni Windows Live OneCare? Kita pastinya belum dapat menjawabnya sekarang, mari kita sama-sama menunggu dan melihat perkembangannya.

Sumber : beritateknologi.com

kompas.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s