Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Ponsel Canggih Merangkap Fungsi Sebagai Proyektor 25 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 15:28
Tags: , , , ,

Ponsel yang merangkap fungsi sebagai Proyektor

picphoneproyektor

Inovasi canggih dan keran atau malah hanya sebagai polusi visual?

Teknologi baru ini merupakan suatu gebrakan hebat, yaitu sebuah chip video proyektor yang akan dibenamkan ke dalam telepon genggam, keren bukan? Namun tunggu dulu, apakah ini akan menjadi inovasi yang keren dan super canggih atau bahkan malah akan mencemari lingkungan?

Kalau biasanya kita merasa risih mendengarkan musik atau suara yang terdengar dari headphone seseorang yang sedang mendengarkan lagu atau suara lainnya dari telepon genggamnya, MP3 Player, dan lain sebagainya, siap-siaplah merasakan hal yang akan lebih membuat kita risih lagi. Sebuah perusahaan pembuat chip, yakni Texaz Instruments (TI) telah berhasil membuat inovasi baru, yakni sebuah video projektor yang berukuran hanya sekecil sebuah kismis. Menurut perusahaan TI ini, alat ini ke depannya akan menjadi suatu hal yang murah, lazim dan mutlak dimiliki oleh sebuah perangkat gengam elektronik. Tambahnya, nantinya setiap handphone (telepon genggam) pasti akan memiliki fitur ini, yakni video proyektor yang dibenamkan ke dalamnya. Ini berarti nantinya Anda akan bisa memproyeksikan gambar, video, dan presentasi style Powerpoint ke sebuah dinding dengan mudah dan cepat.

Tahun lalu, Texas Instruments (TI) mengeluarkan produk yang bertajuk “the first micro-scale projector chip”, yaitu proyektor ukuran mikro yang pertama kali dibuat. Proyektor ini diberi nama DLP Pico, dimana alat ini memiliki resolusi sebesar 480 x 320 pixels. Chip ini kemudian banyak digunakan sebagai (pocket-sized portable projectors) atau proyektor yang berukuran kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku kita. Kemudian TI meluncurkan proyektor yang dapat dibenamkan dalam perangkat genggam pada bulan februari 2009 di Mobile World Congress yang diadakan di Barcelona, Spanyol.

Salah satu perusahaan yang menggunakan produk ini adalah Samsung. Ponsel Samsung ini menjadikan kita dapat langsung memproyeksikan gambar kita dengan luasan proyeksi sekitar 1,3 meter. Namun bagaimanapun, alat ini tidak begitu sempurna, karena resolusi yang dihasilkan masih rendah. Namun seminggu kemudian perusahaan Texas Instruments (TI) meluncurkan lagi produk generasi kedua dari chip ini, dengan resolusi sebesar 850 x 480 pixels, yang dapat dikatakan sama dengan resolusi pada sebuah DVD Player. Produk inilah yang ditunggu-tunggu oleh perusahaan pembuat ponsel, kata Frank Moizio dari perusahaan TI di Austin, Texas. Meskipun nilai proyeksi bertambah, mamun dikatakan bahwa chip ini memiliki ukuran 20 persen lebih kecil dari chip sebelumnya.

Dikatakan lagi bahwa dalam kondisi yang terang atau cukup cahaya, Anda bisa mendapatkan gambar yang cukup bagus. Penggunaan konsumsi power atau energi listrik juga sangat bersahabat, untuk satu baterai dengan kondisi penuh, kita dapat melihat film atau video dengan durasi selama 2 jam.

Namun, apakah dalam perkembangannya, orang-orang akan tertarik menggunakan teknologi ini? Dalam sebuah riset pada konferensi oleh Mobile Human Computer Interaction di Ansterdam Belanda mengatakan bahwa “Mereka (pengguna teknologi ponsel proyektor ini) bisa saja menyimpan informasi-informasi pribadi ataupun informasi publik pada sebuah ponsel, seperti gambar-gambar, peta, dan hal lainnya yang mungkin ingin mereka tunjukkan dengan menggunakan ponsel proyeksi ini. Bagaimanapun, ini adalah sebuah hal yang baik, suatu teknologi jika digunakan dalam konteks yang benar akan menjadi hal yang positif. Jika tidak, ini bisa menjadi suatu polusi visual dimana-mana. Orang-orang dapat saja memproyeksikan sebuah konten dimana saja, katakanlah di dalam bis kota, kalau gambar yang ditayangkan berupa konten pembelajaran atau hal-hal yang positif itu idak menjadi masalah, namun bayangkan bagaimana kalau yang diproyeksikan adalah gambar-gambar maupun video-video yang berisi material-material kekerasan ataupun pornografi? Tentunya akan sangat membahayakan bukan?

Nah, tentunya kita semua tidak ingin hal ini terjadi. Maka dari itu marilah kita sikapi dengan baik dan bijaksana dalam penggunaan teknologi-teknologi yang ada, agar tidak merusak moral kita sebagai orang-orang yang berpendidikan dan bermatabat. Demikian artikel ini saya bagikan, semoga bermanfaat. Happy Reading!

Sumber : New Scientist., Feb,2009

 

3 Responses to “Ponsel Canggih Merangkap Fungsi Sebagai Proyektor”

  1. Wah hebat banget y?
    jadi g usah repot2 bawa proyektor y????????
    hehe..

  2. Betul sekali.. Asal tidak disalahgunakan aja.. He3x…

  3. feavetly Says:

    Hmm. Is it true?🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s