Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Awas, Asupan Protein Tinggi Bisa Membuat Tulang Kita Rapuh 27 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 17:29
Tags: , , , ,

Benarkah Asupan Protein Tinggi Bisa Memperlemah Tulang Kita?

picrunforbone

Banyak dari kita belum mengetahui bahwa dengan menkonsumsi makanan dengan asupan protein yang tinggi dapat membuat tulang kita menjadi lemah ataupun rapuh. Namun benarkah itu? Atau hanya sebuah mitos saja? Pertanyaan ini sering muncul dan menjadi suatu perhatian khusus bagi kebanyakan pria yang sering mengkonsumsi makanan berprotein tinggi untuk memenuhi kebutuhan asupan protein dalam menjalani latihan angkat beban (weight and strength tranning program) untuk membentuk otot dan memperkuat tubuh.

Sebuah studi baru pada “Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism” menemukan bahwa dengan menambah asupan mineral alkali pada dalam kebutuhan makanan kita sehari-hari dapat memperkuat tulang kita, namun sebaliknya dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi dan beberapa padi-padian berbentuk sereal dapat meningkatkan ekskresi/pengeluaran kalsium dalam tubuh kita yang kemudian akan membuat tulang kita menjadi lemah. Alasan di balik ini adalah bahwa makanan yang mengandung kandungan protein yang tinggi memproduksi level keasaman, yang kita tahu bahwa protein juga mengandung amino acid (asam amino) yang dapat menyerap serta mengeluarkan alkali dalam tubuh kita sehingga dapat merusak struktur tulang kita.

Perlu diketahui bahwa pria juga memiliki resiko yang sama besarnya dengan wanita dalam hal terkena osteoporosis. Oleh karena itu pria juga harus merawat tulang mereka dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tinggi agar seimbang.

Kita bisa mendapatkan asupan alkali yang banyak dari makanan seperti daun ara, raisin (kismis), alpukat, bayam, dan jenis buah-buahan seperti raspberries, delima, kesemek, dan lainnya.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui penyebab lemahnya kekuatan tulang kita, oleh karena itu berilah asupan kalsium yang cukup juga dalam menu diet kita sehari-hari untuk menopang kekuatan tulang kita.

Sumber : Men’s Journal., March 2009

 

2 Responses to “Awas, Asupan Protein Tinggi Bisa Membuat Tulang Kita Rapuh”

  1. wahyu am Says:

    malah bisa buat tulang rapuh yap :s wew


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s