Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

ChatterBox Proyek Untuk Membantu Menjelaskan Kemunduran Fungsi Otak 27 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 17:25
Tags: , , ,

“Chatter Box” sebuah proyek yang diharapkan dapat menjelaskan kebingungan tentang kemunduran fungsi otak.

image001

Sejak pertama lahirnya komputer, memang sudah dipresiksikan bahwa alat ini akan menjadi alat dalam melakukan penelitian terhadap otak manusia untuk memahami cara kerjanya otak. Transistor-transistor yang saling berkomunikasi satu dengan lainnya pada chip komputer sama dengan cara kerja otak kita, yaitu neuron-neuron atau sel-sel saraf otak yang saling berhubungan satu dengan lainnya atau yang sering disebut dengan “synaptic connection”.

Tantangan ke depan adalah bagaimana menciptakan sebuah komputer super canggih yang komplit yang dapat meniru meniru bahkan mengungguli fungsi dari otak manusia. Namun bagaimanapun, Dr. Stephen Welbroune, seorang psikolog yang bekerja di bidang computer science research di University of Manchester mengatakan bahwa “Proyek mereka yang dibangun selama lima tahun yang diberi nama “Chatter Box” akan menjadi aset yang tidak terhingga nilainya dalam hal memahami semua aspek kognitif manusia”.

Penelitian yang mereka lakukan ini adalah bentuk kerjasama dengan proyek Universitas Manchester lainnya, yakni “Brain Box” yang juga merupakan proyek yang terlibat dalam penelitian dalam membuat sebuah komputer super canggih untuk meniru area kompleks dari otak kita yang menyangkut “speech and language function” atau kemampuan berbicara dan bahasa manusia.

Otak manusia terdiri dari sekitar 100 milliar neuron, yang dimana semuanya saling bekerjasama untuk melakukan semua tugas dari tugas yang mudah, seperti komputasi/perhitungan sederhana sampai dengan melakukan tugas yang lebih kompleks seperti pemahaman dalam kelakuan manusia. Dengan cara yang sama pula, “Brain Box” menggunakan mikroprosesor yang akan membagi tugasnya dari komputasi sederhana sampai mencapai akhir tujuan yang mereka inginkan.

Tantangan proyek Chatter Box beragam. Dalam satu tahap pengembangannya saja, para peneliti harus mengadaptasikan 1000 mikroprosesor komputer lengkap dengan software (perangkat lunak) untuk meniru cara kerja “neural networking” atau sistem kerja bersama-sama tiap neuron. Mereka juga harus menciptakan sebuah “dedicated PDP(Paralel Distributing Processing) machine” atau sebuah mesin yang dapat bekerja atau melakukan tugas processing secara pararel yang memerlukan sekitar 10.000 buah mikroprosesor dan kesemuanya harus dapat bekerja secara paralel.

PDP (Paralel Distributing Processing) merupakan sebuah bentuk komputasi dimana tiap proses akan melakukan komputasi-komputasi sederhana yang dapat digunakan secara kolektif untuk menangani masalah yang lebih kompleks. Ditambahkan, bahwa mesin PDP ini memiliki kemampuan paling tidak 500 kali lebih cepat dari sebuah PC dengan kemampuan single processor.

Setelah melalui tantangan tahap hardware (perangkat keras) ini, maka selanjutkan para peneliti bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu dengan membuat sebuah perangkat lunak yang dapat mendukung tugas-tugas seperti “naming (pengenalan nama), repetition (kekuatan pengulangan), reading comprehension (pemahaman dalam membaca), dan speech production (kemampuan berbahasa)” untuk semua kata tunggal atau bersuku-satu (monosyllabic) dalam bahasa Inggris.

Lebih lanjut para peneliti akan melakukan percobaan atau simulasi kerusakan pada otak manusia pada proyek Brain Box dengan meniru kerusakan yang terjadi pada otak manusia, seperti pasien pada penyakit trauma pada otak. Dimana pada tahap selanjutnya para peneliti akan melakukan pemodelan pada otak untuk memprediksikan apa yang akan terjadi dengan pasien yang mengalami kemunduran fungsi otak dengan menerima program “speech therapy” atau terapi untuk membantu kemampuan berbicara dan kemudian melakukan penlitian lebih lanjut ke dalam kehidupan nyata.

Sumber : Computer Power User, January 2009

 

2 Responses to “ChatterBox Proyek Untuk Membantu Menjelaskan Kemunduran Fungsi Otak”

  1. muslimshare Says:

    sLm.
    Nice pRoject!

    Tuker link yuk ms.
    http://muslimshare.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s