Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Michael Jackson Buat Google dan Twitter Keok 29 Juni 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 16:41
Tags: , , ,

Gara-gara kematian Michael Jackson, situs-situs kelas dunia keok.

picjacko

Kematian Michael Jackson memang masih menjadi misteri, dikabarkan bahwa hasil otopsi belum memberi penjelasan yang cukup terang apa sebenarnya yang menyebabkan si raja musik pop (‘King of Pop’) harus meninggalkan dunia ini. Banyak kejadian menarik terkait dengan kematian Michael Jackson ini, yang sering juga dipanggil dengan Jacko. Salah satunya adalah trafik internet yang mengalami lonjakan pengunjung yang begitu dashyat.

Dikabarkan bahwa trafik internet ke sejumlah situs utama sempat mengalami gangguan begitu tersiar kabar kematian diva pop Michael Jackson. Hal ini terjadi karena begitu banyak orang yang mengakses situs-situs tersebut dalam satuan waktu yang sama, sehingga terjadi overload atau deadlock yang biasanya sering kita dengar dengan kata ‘hang’ dan kemudian mengalami error.

Salah satu situs kelas dunia yang tidak luput dari fenomena ini adalah situs raksasa Google. Bahkan Google pun tidak sanggup melayani trafik yang begitu tinggi. Ada sekitar jutaan orang yang mengakses situs Google yang mencari berita tentang Jacko sempat tak mendapatkan hasil apapun selama beberapa menit.

“Benar bahwa antara jam 14.40 hingga 15.15 waktu Pasifik, beberapa pengunjung Google News mengalami kesulitan mengakses hasil pencarian yang terkait dengan Michael Jackson dan melihat halaman error,” ujar Gabriel Stricker seperti dilansir BBC. Pada saat-saat itulah kematian Jacko mulai tersiar kemana-mana dan hampir semua orang mencari kabar berita tentang kematiannya, terutama berita tentang penyebab kematiannya seperti yang dilansir oleh Kompas.Com

Bahkan halaman Google trend menunjukkan bahwa pencarian dengan kata kunci Michael Jackson mencapai volume yang sering disebut dengan hotness dan diberi rating volcanic. Wow, hebat bukan?

Namun tidak hanya sampai disitu serbuan tentang kematian Michael Jackson. Dikabarkan layanan microblogging sekelas Twitter juga keok. Server Twitter sempat mengalami down akibat derasnya update dari pengguna Twitter terkait dengan kematian Jacko. Sama halnya dengan situs Google, kata kunci pencarian tentang Michael Jackson dan meroket dan menduduki peringkat teratas. TweetVolume sendiri mencatat total ada sekitar 66.500 update berkaitan dengan Michael Jackson sebelum server mereka sempat down.

Naiknya kunjungan juga ternyata membuat situs-situs lainnya sempat mengalami gangguan, seperti situs : AOL, CBS, CNN, MSNBC, bahkan Yahoo juga sempat dilaporkan mengalami masalah serupa.

Salut buat Jacko. Jasadmu memang sudah tiada, namun bayang-bayangmu akan selalu dikenang. Selamat jalan Michael Jackson.

Sumber : Kompas.com

 

2 Responses to “Michael Jackson Buat Google dan Twitter Keok”

  1. koq webku gak ada problem? wah… berarti webku hebat, dhong! hahaha….

  2. Wah.. Berarti web Anda tokcer.. Wakakakakaka..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s