Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

TransferJet, Saingan baru Bluetooth 29 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 16:39
Tags: , , ,

TransferJet, Teknologi yang hampir sama dengan Bluetooth, namun jauh lebih baik

pictransferjet

Hati-hati buat Bluetooth, mungkin kepopuleranmu akan segera meredup, sekarang telah datang teknologi baru yang dinamakan TransferJet. Kira-kira begitulah pernyataan para pengembang TransferJet.

Apa itu TransferJet? TransferJet merupakan wireless technology (teknologi wireless/nirkabel) yang dikembangkan di bawah pengawasan vendor-vendor besar pembuat kamera, yang berniat untuk membuat suatu teknologi yang bisa melakukan transfer (pertukaran) gambar atau data antar alat dengan mudah.

Dikabarkan bahwa Toshiba sekarang telah mulai fokus ke arah wireless standard, dengan menunjukkan sebuah laptop dengan teknologi TransferJet seperti yang ditunjukkan pada Consumer Electronics Show, Januari 2009. Toshiba memgembor-gemborkan bahwa teknologi TransferJet (transferjet.org) memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Dan mereka juga mengatakan untuk melakukan pertukaran data antar device/alat tidak lagi memerlukan passcodes ataupun pairing (seperti yang biasanya ada pada Bluetooth).

Cukup taruh camera kita yang dibenamkan teknologi TransferJet pada sebuah laptop Toshiba, kemudian secara otomatis teknologi ini akan melakukan sinkronisasi data-data dengan data yang ada pada hard drive di laptop.

Dikabarkan lagi teknologi ini dapat menerima transfer data sebesar 357 mbps, cukup cepat untuk mendukung streaming video dari sebuah camcorder.

Pihak Toshiba mengatakan bahwa kemungkinan teknologi ini akan mempengaruhi kekuatan baterai, namun dijelaskan tidak akan berpengaruh secara signifikan. Kabarnya lagi Toshiba sendiri akan membenamkan teknologi baru ini ke dalam laptop dan external devices pada kuarter keempat tahun ini.

Apakah benar teknologi ini akan membuat teknologi Bluetooth yang sekarang ini sering kita gunakan menjadi redup? Mari sama-sama kita ikuti perkembangannya.

Sumber : PC World,. March 2009.

 

4 Responses to “TransferJet, Saingan baru Bluetooth”

  1. hari gini masih pake bloototh? kalo gue masih pake kabel. hehehe…

  2. Hahahahaha.. Sama… Lebih prefer kabel.. Stabil.. He3x..

  3. Kalo kabelnya ngak njelimet sih ngak pa2.. He3x…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s