Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Yves Rossy, Si Manusia Terbang Layaknya Seekor Burung 29 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 16:43
Tags: , , , , ,

Mungkinkah Manusia Akan Bisa Terbang Layaknya Seekor Burung?

picyvesrossy

Mungkin pertanyaan di atas agak susah terjawab, karena biasanya kita hanya mendengar tentang dongeng-dongeng saja atau cerita-cerita komik yang menggambarkan suatu kejadian bahwa manusia bisa terbang kemana saja sesuka hatinya, misalnya saja: GatotKaca, Superman yang memiliki kekuatan super sehingga bisa terbang kapanpun mereka mau tanpa harus menumpang pesawat terbang atau helikopter ataupun burung besar berukuran monster tentunya.

Nah, apakah cerita tentang manusia yang bisa terbang hanya akan terjadi di komik atau dongeng saja? Mampukah manusia terbang layaknya seekor burung pada umumnya?

Seorang pilot dan mekanik aeronautical bernama Yves Rossy yang berasal dari swiss membuktikannya dengan menunjukkan kebolehannya dan menunjukkan kepada dunia bahwa manusia juga dapat terbang seperti layaknya seekor burung. Beberapa waktu yang lalu, Rossy keluar dari sebuah pesawat di ketinggian sekitar 6.600 kaki dari permukaan laut di atas Cap Gris Nez, di sudut Perancis, lengkap dengan peralatan canggih yang dipasangkan ke punggungnya, yakni sebuah “Jet Terbang” dengan lebar 8 kaki dan 2 inci. September lalu, Yves Rossy menjadi manusia pertama yang berhasil melakukan “perjalanan terbang” menggunakan “jet-propelled personal wing” yang menempuh jarak 22 mil melewati bentangan terusan Inggris. Berikut gambarannya :

picYvesRossy1

picflightpathrossy

picyveslanding

Wow, keren bukan? Yves Rossy memiliki satu impian, yaitu membuat manusia dapat terbang layaknya seperti seekor burung, atau paling tidak seperti Boeing 737. Lalu salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menciptakan sebuah alat seberat 121 pound, atau sekitar 50-an kilogram yang memiliki kekuatan mesin jet dan memiliki sayap.

Dalam mewujudkan impiannya ini tidaklah mudah, Rossy harus mengeluarkan uang dan tenaga yang cukup banyak untuk mewujudkan mimpinya. Diperlukan waktu satu dekade atau sekitar sepuluh tahun untuk dapat menciptakan “sayap terbangnya”. Dikatakan Rossy, “Uang yang saya keluarkan cukup untuk membeli sebuah mobil sport yang bagus setiap tahunnya”. Hingga sebuah perusahaan jam tangan, yaitu Hulbot menandatangi kontrak untuk mensponsori Rossy pada Februari 2007.

Tidak sampai disitu, sebuah mesin jet terbang futuristik yang lebih canggih masih dalam tahap pengembangan yang nantinya diharapkan akan memiliki kemampuan dan bentuk yang lebih baik dalam kemampuan menanangani aerodinamika, dengan kemampuan mesin jet yang lebih tangguh.

Salut buat Om Yves Rossy, “Si Manusia Terbang”. Memang sebuah inovasi teknologi yang memukau. Semoga ini menjadi inspirasi buat kita untuk terus berinovasi dan mewujudkan impian-impian kita.

Sumber : Popular Science., Feb 2009.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s