Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Militer Amerika Serikat Membentuk Departemen Pertahanan Dunia Maya 30 Juni 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 15:43
Tags: , , ,

Militer AS (Amerika Serikat) sekarang memiliki departemen pertahanan yang baru yang dibentuk dengan tujuan menjaga jaringan militernya di dunia maya.

piccyberwar

Pejabat-pejabat tinggi militer Amerika Serikat membentuk sebuah pusat “cyber command” yaitu pusat komando pertahanan dan strategi bidang pertahanan di dunia maya. Departemen ini diharapkan dapat menjaga pihak kemiliteran AS dari ancaman luar negeri dalam hal serangan cyber atau “cyber attack” di dunia maya, seiring dengan berjaga-jaga terhadap kemungkinan peperangan yang bisa terjadi di dunia maya dengan negara-neraga rivalnya.

Departemen baru ini dibentuk oleh sekretaris bidang pertahanan Robert Gates, dan sekaligus menjadi yang pertama kali dalam sejarah pemerintahan Amerika Serikat yang pernah membentuk departemen semacam ini. Pusat komando ini akan beroperasi sebagai bagian dari pusat Bidang Strategi dan Komando Amerika Serikat, dan akan mulai aktif beroperasi pada bulan oktober ini.

Robert Gates sendiri mengatakan bahwa pihak mereka akan melakukan komunikasi dengan pers untuk memberitakan hal ini. Dikabarkn bahwa presiden Amerika Serikat sekarang ini, yakni Barrack Obama dan direktur NSA (National Security Agency) sendiri yang akan langsung memimpin pernyataan ke media seputar hal ini.

Pusat komando dunia maya ini akan dikhususkan untuk menjaga pertahanan jaringan militer di dunia cyber (dunia maya), dan tidak akan fokus terhadap kegiatan komputer pemerintahan Amerika Serikat lainnya. Pihak militer AS mengharapkan departemen baru di bidang keamanan dalam jaringan dunia maya ini akan bisa beroperasi secara penuh pada oktober 2010.

Dikabarkan bahwa konsentrasi pihak militer terus bertumbuh dalam menghadapi pernyataan-pertanyaan terkait kenyataan bahwa pihak pemerintah AS tidak sanggup melindungi institusi pemerintahan dan militer secara bersamaan dari meningkatnya serangan di dunia maya dari luar negeri, dengan China dan beberapa Negara di Eropa bagian timur sebagai pemimpin serangan-serangan di dunia maya.

Namun dalam perkembangannya dan pertemuan-pertemuan yang dilakukan, masih ada kebingungan siapa yang akan secara langsung memimpin departemen baru ini. Haruskah langsung dipimpin oleh Presiden? Departemen Pertahanan Dalam Negeri? ataukah NSA (National Secutity Agency)? Masih belum dapat diputuskan sekarang ini, namun dikabarkan bahwa para ahli pertahanan telah melakukan suatu pertemuan dengan pejabat-pejabat tinggi dalam mencoba untuk mencari tahu siapa yang akan paling tepat dalam menangani isu pertahanan di dunia maya ini.

Hmm.. Mari kita simak bersama seperti apa perkembangannya nanti.

Sumber : Dailytech.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s