Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Studi Baru, Merokok Dapat Merusak Otak 30 Juni 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 15:50
Tags: , ,

Studi baru menunjukkan para perokok dan perokok pasif dapat mengalami gangguan kerusakan pada otak.

picbahayarokok

Beranjak dari alkohol, sekarang gangguan kerusakan otak memiliki teman baru, yaitu rokok. Sebuah penelitian baru-baru ini mengumumkan hasil dari penelitian terkait kerusakan otak yang disebabkan oleh rokok. Journal of Neurochemistry, bulan juli melaporkan penemuan yang menunjukkan bahwa rokok tembakau mengandung sebuah senyawa kimia yang menyebabkan kerusakan pada otak.

Studi baru tersebut menguji senyawa NNK, sebuah procarinogen. NNK adalah sebuah racun yang dihasilkan dari produksi nikotin yang digunakan pada rokok.

Sebelum penelitian ini dilakukan, memang sudah diperkirakan bahwa senyawa kimia ini dapat merusak tubuh manusia, namun belum jelas bagaimana kerusakan itu bisa terjadi. Dalam studi penelitian ini, yang dilakukan oleh Debapriya Ghosh dan Dr. Anirban Basu dari Indian National Brain Research (NBRC), ditemukan bahwa senyawa ini dapat mengakibatkan sel darah putih dalam sistem saraf otak menyerang serta merusak sel-sel yang masih sehat dan mengakibatkan beberapa sel saraf kita menjadi rusak.

Tidak seperti alkohol atau bentuk lain dari obat-obat terlarang yang merusak otak, studi menunjukkan bahwa kedua hal ini tidak mempengaruhi jaringan otak kita secara langsung melalui oksidasi atau kerusakan pada reseptor. Namun lebih lanjut lagi, studi menunjukkan senyawa NNK yang terdapat pada rokok dapat memicu respon kerusakan sistem kekebalan tubuh kita yang diyakini merupakan suatu gejala yang mengakibatkan MultipleSclerosis dan penyakit otak lainnya.

Peneliti menemukan bahwa senyawa ini meningkatkan tekanan-tekanan terhadap signaling protein, effector protein, serta meningkatkan cytokines, yang berfungsi sebagai “molecular messenger” atau molekul pembawa pesan antar sel. Dimana hal ini akan memicu meningkatnya aktifitas oleh microglia, yaitu sel darah putih pada otak yang bertanggung jawab untuk menyerang sel-sel penyelundup asing. Celakanya, microglia ini akan mengubah sel-sel otak kita yang masih sehat menjadi rusak.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa senyawa NNK yang terdapat pada tembakau dapat mengaktifkan secara signifikan microglia yang mengakibatkan kerusakan sel-sel saraf otak secara bertahap.

Studi lebih lanjut juga menerangkan bahwa perokok pasif juga dapat terkena imbas dari bahaya senyawa kimia ini dari asap yang ditimbulkan oleh perokok di sekitarnya.

Sumber : dailytech.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s