Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Inovasi Baru, Charger Ponsel Menggunakan Gelombang Radio 2 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 05:56
Tags: , , ,

Prototipe Ponsel Nokia, Mengisi Ulang Baterai Menggunakan Gelombang Radio

 

 

 

picprototypenokia

 

Mimpi kita tentang melakukan pengisian ulang baterai tanpa menggunakan kabel mungkin akan segera terwujud dalam beberapa tahun mendatang. Inilah sebuah teknologi dengan kekuatan wireless (tanpa kabel) yang ditunggu-tunggu, sebuah lonjakan besar yang akan segera mengubah gaya hidup kita terhadap perangkat gengam elektronik. Nantinya diharapkan dengan teknologi ini, laptop dan ponsel kita maupun perangkat elektrnik lainnya dapat melakukan pengisian ulang baterai tanpa harus mencoloknya ke sumber listrik seperti sekarang ini.

 

Nokia melakukan sebuah terbosan baru menggagumkan dengan mengambil sebuah langkah yang tepat dengan melakukan uji coba terhadap teknologi yang memungkinkan sebuah ponsel dapat melakukan pengisian ulang baterai dengan sendirinya menggunakan cara yang unik. Nokia sendiri mengambil suatu langkah yang hebat dalam menemukan sebuah teknnologi yang memungkinkan gelombang radio digunakan untuk melakukan pengisian ulang baterai, dengan mengumpulkan dan memanfaatkan energi elektromagnetik pada gelombang radio di udara untuk menciptakan arus listrik.

 

Namun perlu diingat, dengan cara ini, energi gelombang elektromagnetik tidak akan pernah cukup untuk memberikan arus listrik yang memadai untuk sebuah rumah atau kantor, namun cukup untuk membuat sebuah ponsel tetap hidup dan dapat digunakan.

 

Dikabarkan bahwa nokia sekarang ini dapat menghasilkan energi sebesar 5 miliwatt dari udara, namun rencana ke depannya diharapkan dapat ditingkatkan lagi menjadi 20 miliwatt pada jangka pendek ini dan 50 miliwatt pada jangka panjang nanti. Energi sebesar ini mungkin tidak akan cukup untuk membuat ponsel tetap hidup sepanjang waktu pada kondisi aktif digunakan dalam melakukan panggilan telepon, namun cukup untuk mengisi baterai dan membuat ponsel kita tetap hidup ketika dalam mode standby. Secara teori, energi ini dapat memberikan daya yang tak terhingga, karena dapat digunakan dimana saja, bahkan di rungan bawah tanah sekalipun, karena menggunakan pancaran gelombang radio yang tersebar dimana-mana di udara. Pihak nokia sendiri mengharapakan untuk bisa segera mengenalkan serta mengkomersilkan inovasi teknologi ini dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun ke depan.

 

Wow, benar-benar suatu terobosan baru dalam kehidupan kita, bayangkan saja, kita tidak perlu repot-repot lagi membawa charger kemana-mana dengan kabel-kabelnya yang terkadang merepotkan. Keunggulan lain dari teknologi ini adalah kita dapat mengisi ulang baterai dimana saja dan kapan saja. Kita harapkan inovasi baru ini akan segera dapat kita manfaatkan.

 

 

 

 

Sumber : Yahoo! Tech

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s