Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Pentingnya Susu Untuk Tulang Kita 2 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 23:20
Tags: , ,

Seputar kegunaan dari susu, si penghasil sumber kalsium yang baik.

image001

 

Anak-anak muda dewasa sekarang ini kurang dalam hal mengkonsumsi susu, menurut sebuah studi pada “Journal of Nutrition Education and Behavior “ bulan juli s/d agustus oleh para peneliti dari University of Minnesota, Minneapolis.

Kalau berbicara mengenai susu pastinya tidak lepas dari kandungan kaslium yang ada di dalam susu. Susu adalah sumber kalsium, atau paling tidak susu merupakan sumber kalsium yang paling baik.

Hasil studi ini, pada poin yang paling penting, menyatakan bahwa selama masa transisi dari tahap remaja ke tahap dewasa, laki-laki dan perempuan mengurangi konsumsi kalsium sehari-hari dengan rata-rata penurunan sekitar 153 miligram dan 194 miligram, dan berturut-turut setiap harinya. Hal ini sesungguhnya merupakan sebuah permasalahan karena tidak mencapai berat puncak yang diharapkan. Sama seperti halnya simpanan untuk pensiunan, jika kita memulai untuk mengkonsumsi kalsum yang cukup setiap harinya, kita akan memiliki simpanan kalsium yang cukup apabila kita sudah mengalami masa tua nantinya.

Seberapa banyak kalsium yang kita butuhkan dalam sehari masih belum dapat dipastikan dengan secara tepat. Rekomendasi dari para ahli adalah sekitar 1.300 miligram untuk yang berumur 9 sampai 18 tahun, kemudian 1.000 miligram perhari untuk yang berumur dari 19 sampai 50 tahun, dan 1.200 miligram untuk yang berumur 51 tahun ke atas.

Namun tidak sampai disitu saja, dengan mengkonsumsi kalsium saja tidak cukup, kita juga harus melakukan latihan untuk menguatkan tulang kita, seperti berjalan, jogging, dan lain sebagainya yang juga dapat membantu memaksimalkan sel-sel tulang kita dalam menyimpan kalsium. Kebanyakan mengkonsumsi protein tinggi juga tidak baik buat tulang kita, karena dapat membuat tulang kita menjadi rapuh. Baca artikel sebelumnya yang berjudul “Awas, Asupan Protein Tinggi Dapat Membuat Tulang Kita Rapuh”.

Yogurt, merupakan salah satu produk susu yang memiliki kalsium tinggi dan dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh kita. Beberapa produk sayur-sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, seperti bayam dan brokoli. Lebih lanjut lagi, sayuran hijau memliki keuntungan lebih, dimana untuk setiap sayuran hijau mengandung juga vitamin K, yang juga sangat baik untuk tulang kita.

 

Sumber : livescience.com

 

2 Responses to “Pentingnya Susu Untuk Tulang Kita”

  1. thankz kak bwat blog”y jadi aku gg perlu cape” nyari konsep untuk persentasi.. haha ^_^_


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s