Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

NASA Mengembangkan Minuman Khusus Untuk Astronot 13 Juli 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 23:51
Tags: , , ,

Minuman khusus untuk para Astronot?

Menjadi seorang astronot bukanlah hal mudah, seorang astronot harus mampu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan tugas-tugasnya saat berada di luar angkasa. Sedangkan kondisi di luar angkasa mengharuskan para astronot untuk menyesuaikan diri serta memiliki kemampuan gaya gravitasi yang ekstrim.

Bukan hanya kendala melawan gravitasi yang harus diperhatikan, seringkali fisik para astronot juga menjadi suatu tolak ukur dalam menjalankan tugasnya di luar angkasa. Untuk itu, seorang astronot harus memiliki tubuh yang sehat dan kuat serta mental yang kuat juga. Maka dari itu, seorang astronot harus mempertahankan kondisi cairan dalam tubuhnya, agar tetap dapat bekerja baik di dalam pesawat maupun setelah berada di luar angkasa.

Untuk itu, para ilmuan NASA berupaya untuk terus memikirkan solusi untuk hal yang satu ini, yaitu bagaimana caranya agar para astronot dapat tetap mempertahankan kondisi cairan dalam tubuh mereka, agar para astronot tidak mengalami kelelahan otot dan mengalami pusing dalam menjalankan tugas mereka karena kekurangannya cairan dalam tubuh mereka atau mengalami dehidrasi.

Dari pengalaman tersebutlah kemudian para ilmuan kemudian mengembangkan minuman dengan formula elektrolit khusus bagi para astronot. Space.com melansir bahwa formula yang dikembangkan adalah cairan konsentrasi yang jika dicampur dengan air akan langsung memulihkan hidrasi serta mencegah terjadinya kekurangan cairan dalam tubuh. “Kami mengembangkan formula hidrasi agar para astronot bisa memiliki kinerja yang optimal pada kondisi ekstrim seperti di luar angkasa, kesehatan astronot kami sangat luar biasa,” Kata salah satu ilmuan, John Greenleaf, yang juga turut berpartisipasi dalam mengembangkan minuman khusus ini.

Untuk menghasilkan produk minuman khusus untuk para astronot ini, para ilmuan yang tergabung dalam Ames Research Center di Moffett Field, California, AS melakukan riset selama 15 tahun. Kemudian hasil riset diujicobakan kepada astronot NASA untuk meminumnya selama kurun waktu 20 tahun. Hasil dari NASA menemukan bahwa minuman ini mampu memacu daya tahan tubuh hingga 20 persen dibandingkan dengan mereka yang meminum air minum biasa.

Berita bagusnya, minuman ini pun telah dikomersilkan. NASA memberikan lisensi produk minuman ini kepada produsen minuman kesehatan Wellness Brands Inc of Boulder di Colorado Amerika Serikat dan diberi merek dagang “The Right Stuff”. Diberitakan bahwa pesanan pertama sudah mulai dikirimkan pada 11 Juli yang lalu.

Tertarik untuk mencoba? Mari kita tunggu bersama-sama kalau-kalau nanti beredar di Indonesia.

Sumber : okezone.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s