Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

10 Ilmuan Paling Gila 14 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 00:00
Tags: ,

Banyak ilmu pengetahuan bisa kita pahami dengan lebih jelas berkat pertolongan dan buah pemikitan para ilmuan. Mereka dikenal dengan otak jenius mereka, temuan-temuan yang mempengaruhi dunia.

10ilmuan

Namun, dibalik kepintaran dan kejeniusan mereka terselip beberapa buah karya dan tingkah yang “agak aneh” dan penuh kontroversi. Siapa sajakah mereka?

Berikut daftar ini daftar 10 ilmuan yang “agak gila” dan penuh kontroversi tersebut.

  • Albert Einstein

Siapa tidak kenal dengan nama yang satu ini, parodi-parodi kartun dan komik tentang Einstein banyak dibuat oleh illustrator hingga saat ini. Mulai dari rambut panjangnya yang acak-acakan seakan tidak pernah dirapikan, sampai ekspresi wajahnya yang dibuat “melet”. Teori-teori yang dikemukakan oleh Einstein banyak yang fenomenal dan membuat mata kita tercelikkan dan menjadi terkagum-kagum pada sosok yang satu ini. Tak dapat dibantah lagi, si penemu teori relativitas ini pun bak selebritis di dunia sains. Namanya bahkan identik dengan kata “genius” dan “gila” itu sendiri.

  • Leonardo da Vinci

Menyusul kepopularitasan yang dimiliki Einstein adalah seorang seniman dan ilmuan berkebangsaan Italia yang bernama Leonardo Da Vinci. Novel “Da Vinci Code” membuktikan kehebatannya dan popularitasnya di kalangan seniman dan ilmuan. Ia juga dikenal sebagai seorang yang sangat nyentrik. Peninggalannya berupa tumpukan buku sketsa, aneka aplikasi teknologi, dan mesin, tetap abadi sepanjang masa.

  • Nikola Tesla

Nikola Tesla sendiri sempat dikenal sebagai sebuah kelompok musik rock. Sebenarnya sesuai, sebab penemu radio nirkabel dan generator AC inilah yang memulai era elektrik di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Tesla dianggap “gila” karena berani mendemonstrasikan bagaimana ia memakai tubuhnya sebagai konduktor listrik. Wow, cukup “gila” bukan?

  • James Lovelock

Dikenal sebagai ilmuan yang memiliki wawasan lingkungan yang luas serta penemu hipotesa Gaia. Konsep perubahan iklim yang sekarang ini gencar-gencarnya diributkan banyak orang sudah diusungnya sejak beberapa dekade silam. Lelaki kelahiran 1919 ini pernah memprediksikan bahwa pada tahun 2100 akan terjadi kematian massal terhadap 80 persen umat manusia. Hmm.. Apakah akan benar-benar terbukti, soalnya sekarang ini malah gencar dikabarkan bahwa tahun 2012 akan terjadi sesuatu yang disebut dengan “akhir dunia”.

  • Jack Parsons

Dikenal sebagai salah satu pendiri Jet Propulsion Laboratory, yang disela-sela waktunya, Ia juga sibuk berlatih sulap. Ia tidak pernah mengenyam pendidikan formal, namun mampu mengembangkan bahan bakar roket dan sukses mengantarkan Amerika Serikat ke angkasa pada jaman perang dunia ke-II. Namun tragis, Parson menembak dirinya sendiri sehingga mati di laboratoriumnya sendiri pada tahun 1952.

  • Richard Feynman

Feynman merupakan salah satu bagian dari tim jenius pengembang bom atom. Ia menjadi salah satu ilmuan terpenting di akhir abad ke-20. Selain dikenal sebagai professor dalam kesehariannya, Feynman juga suka mengeksplorasi musik, alam , dan mempelajari hiroglif suku maya.

  • Freeman Dyson

Pada tahun 1960, Dyson menelurkan sebuah ide, bahwa di masa yang akan datang manusia harus mendesain cangkang buatan yang dinamakan Dyson Sphere. Katanya, cangkang ini akan mengelilingi sistem tata surya dan menggunakan energi matahari secara maksimum. Pada saat itu Ia dianggap sebagai pemimpin fiksi ilmiah. Ia juga meyakini adanya kehidupan di planet lain. Menurutnya, manusia akan berinteraksi dengan makhluk angkasa luar dalam beberapa dekade mendatang.

  • Robert Oppenheimer

Dijuluki sebagai “Bapak Bom Atom”, lelaki kelahiran 1940 ini juga memiliki pandangan politik sosialis. Oppenheimer memiliki ketertarikan pada kultur Hindu dan bahasa Sansekerta dan Belanda. Oppie, begitu panggilan akrabnya, senang mengutip kitab Bhagavad Gita.

  • Wernher von Braun

Di usianya yang ke-12, Braun meledakkan gudang mainannya sendiri menggunakan kembang api. Dari situlah muncul ide mengembangkan roket. Akhirnya Ia ditunjuk sebagai pemimpin program roket oleh Adolph Hitler. Ternyata Ia juga meminati eksplorasi bulan dan antariksa. Di sela waktu luangnya, Braun juga senang membaca buku-buku filsafat dan sesekali bermain scuba diving.

  • Johann Konrad Dippel

Lahir dan besar di kastil Frankenstein, Jerman. Dippel dikenal sebagai penemu bahan kimia sintesis bernama Prussian Blue. Ia mengklaim pernah menciptakan “cairan hidup abadi”. Dan kabarnya, percobaan itu terinspirasi oleh karakter yang sesuai dengan nama kastil tempat Ia lahir, yakni Franskenstein.

Sumber : netsains.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s