Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Benarkah Wanita Lebih Mudah Mengalami Memar?? 19 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 01:11
Tags: , , , ,

Benarkah wanita lebih mudah memar dibandingkan dengan pria?? Kalau iya, lalu apa yang mengakibatkan hal itu??

picfacegirl

Meskipun penelitian atau studi secara formal belum dapat membuktikan dengan secara pasti tentang hal ini, namun “mitos atau kepercayaan bahwa seorang wanita lebih mudah mengalami memar akibat benturan daripada seorang pria bisa dikatakan masuk akal” Kata Amy Derick, seorang dermatologist di Barrington, Illinois.

Mengapa bisa? Mari kita simak, sebelumnya mari kita lihat apa sebenarnya yang mengakibatkan seseorang mengalami memar.

Memar terjadi ketika pembuluh darah kecil pada kulit kita rusak setelah terkena benturan, yang mengakibatkan pembuluh darah mengalami kebocoran, dan kemudian sel darah merah mengalir keluar di sekitar jaringan darah. Memar muncul pertama kalinya berwarna merah, sebagaimana sel darah merah bertumpuk di bawah permukaan kulit kita, namun setelah beberapa hari, warna dari hemoglobin (subtansi hemoprotein pembawa pigmen pada sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh) mulai berubah seiring berkurangnya oksigen akibat kebocoran, dan kemudian terbentuklah memar. Akhirnya, hemoglobin menjadi rusak dan menjadi biliverdin dan bilirubin yang berwarna kehijauan dan kuning, dan akan kemudian terus-menerus berulang hingga menjadi hitam kebiru-biruan.

Lalu mengapa wanita dikatakan lebih mudah memar dibandingkan dengan pria? Jawabannya adalah, pria dan wanita memiliki struktur yang berbeda dengan pria pada lapisan di dalam kulit. Kulit wanita sedikit lebih tipis dibandingkan dengan kulit pria pada umumnya karena kulit wanita mengandung collagen (kolagen) yang lebih sedikit, yakni sebuah protein jaringan otot penghubung pada kulit.

Nah, “Dari itu, dimungkinkan bahwa perbedaan inilah yang menjelaskan perbedaan yang menjadikan kulit pada pria lebih tahan terhadap benturan” Ujar Derick.

Demikian sedikit penjelasan tentang mengapa wanita lebih mudah memar dan kulit wanita pada umumnya tidak tahan terhadap benturan. Semoga bermanfaat.

Sumber : science illustrated,. Mar 09.

 

2 Responses to “Benarkah Wanita Lebih Mudah Mengalami Memar??”

  1. Rany Says:

    thanks article nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s