Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Software Teknologi Baru Untuk MRI Scan Mummi 19 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 00:26
Tags: , , ,

Sebuah teknologi software (perangkat lunak) baru untuk melakukan MRI scans (pemindaian) pada tubuh atau jasad orang yang sudah meninggal.

picmummiscan

Para ilmuan telah memindai tubuh manusia menggunakan Computed Tomography (CT) yang sering dikenal dengan CT scans, serta dengan cara konvensional lainnya, yaitu menggunakan sinar x atau x-ray, namun sebuah software (perangkat lunak) baru untuk MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang lebih baik sedang dikembangkan.

Teknologi yang sekarang digunakan dirasa masih kurang baik atau tidak ideal. CT scans tidak dapat memetakan gambaran yang jelas tentang jaringan-jaringan tubuh yang halus, dan mesin MRI konvensional masih bergantung kepada atom hidrogen pada air. Untuk kasus pemindaian pada mummi (jasad orang yang sudah meninggal beribu-ribu tahun lamanya), para ilmuan harus melakukan rehydrate atau mengembalikan keadaaan cairan yang memadai untuk melakukan MRI scans, yang tentu saja sebuah cara yang berbahaya yang dapat merusak kondisi tubuh mummi yang rentan.

Namun sekarang telah dikembangkan teknologi baru yang memungkinkan pemindaian tanpa harus membasahi tubuh mummi tersebut. Sebuah teknologi baru dalam bentuk software (perangkat lunak) dikembangkan oleh Siemens Medical Solution yang berbasis di Jerman, yang menggunakan sebuah proses deteksi sinyal (signal-detection) yang dinamakan dengan Ultrashort Echo Time menjawab semua kekurangan tersebut.

Para ilmuan di University of Zurich di Switzerland baru-baru ini menggunakan software tersebut untuk memindai mummi yang berasal dari Mesir dan Peru, dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk pertama kali, pembuluh darah, selaput jaringan otak, dan bahkan sisa-sisa cairan balsem yang tertinggal pada mummi dapat terlihat menggunakan scanner tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa teknologi ini akan segera dapat digunakan untuk memindai proses bekerjanya jantung yang sebelumnya tidak terlihat jelas, sama seperti perubahan yang terjadi di otak pada pasien penderita Alzheimer yang pada MRI konvensional tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Benar-benar sebuah teknologi baru canggih yang memudahkan perkerjaan manusia dalam menelusuri sejarah manusia itu sendiri.

Sumber : science illustrated,. Mar 09.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s