Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Penjelasan Tentang Bagaimana Cegukan Itu Terjadi 29 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 23:18
Tags: , , ,

Sering mengalami cegukan? Sebenarnya bagaimana cegukan itu terjadi? Apakah ada cara yang efektif untuk menghentikannya?

Cegukan adalah salah satu keadaan tidak biasa yang bisa dialami oleh tubuh kita yang kelihatannya tidak menunjukkan fungsi tertentu yang malahan menggangu dan membuat kita menjadi malu di depan banyak orang.

Lalu bagaimana cegukan itu bisa terjadi? Kurang lebih seperti ini : Ketika kita meneguk air minum yang berlebihan, dimana saat itu mungkin kita sedang tertawa keras atau makan atau minum secara terburu-buru, perut kita akan dengan otomatis melebar dan kemudian mengakibatkan terjadinya penekanan melawan saraf diafragma di sekitarnya. Tekanan inilah yang mengakibatkan saraf-saraf sekitar untuk memberikan sinyal ke diafragma untuk melakukan pengerutan secara cepat yang kemudian mengakibatkan kita mengeluarkan suara seperti ‘hik’ yang diakibatkan hempasan tekanan tersebut yang melewati pita suara kita. “Dan selama perut kita masih melakukan penekanan terhadap saraf-saraf di sekitar diafragma, cegukan akan terus terjadi secara berulang-ulang” tukas Suman Golla, MD, seorang Profesor di bidang Otolaryngology di University of Pittsburgh.

Lalu apa yang harus kita lakukan ketika ‘diserang’ oleh cegukan ini? Berikut tips dari Dr Suman Golla : “Anda dapat mencoba untuk menahan sejenak nafas anda untuk beberapa menit. Namun jika cegukan belum juga berhenti, maka cobalah tips penyembuhan segera ini, yakni teguklah air minum Anda dengan posisi kepala berubah-ubah pada beberapa sudut (angle) , yaitu dengan posisi dagu Anda terangkat atau sebaliknya”.

Tidak ada yang yakin benar bagaimana cara ini dapat menghentikan cegukan, namun Dr Golla meyakini bahwa cara ini dapat menginterupsi rantai reaksi dari refleks kita.

Sumber : Men’s Health., April 09.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s