Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Industri Video Game Mengalami Penurunan Terbesar Sejak Tahun 2000 31 Juli 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 00:12
Tags: , , ,

Industri Video Game akhirnya mengalami “penderitaan” akibat dampak krisis ekonomi

picvideogame

Pendapatan di bidang industri Video Game di Amerika Serikat akhirnya mengalami kejatuhan sekitar 30 persen menjadi 1.17 juta US dolar pada bulan juni tahun ini, menurut tim riset NPD, yang juga mencatat bahwa penurunan ini merupakan penurunan terbesar dalam bidang industri video game sejak tahun 2000.

“Bulan ini merupakan salah-satu dari bulan pertama dimana saya rasa dampak dari krisis ekonomi yang secara nyata langsung berdampak pada jumlah pendapatan dalam penjualan”, ujar analis NPD Anita Frazier. Ditambahkan lagi “tingkat penurunan ini secara pasti mengakibatkan ‘penderitaan’ di dalam industri video game”.

Penjualan software (perangkat lunak) Video Game mengalami penurunan sebesar 29 persen menjadi 62.8 miliar US dolar, dan penurunan penjualan pada tingkat hardware (perangkat keras) sebesar 38 persen menjadi 382.6 miliar US dolar. Aksesoris video game, termasuk joystick dan beberapa aksesoris tambahan mengalami penurunan sebesar 22 persen.

Sepertinya para konsumer sedang menantikan video game dengan judul yang meyakinkan yang memberi dampak besar dan menunggu turunnya harga perangkat keras, yang kemudian membuat mereka akan berpikir kembali untuk mengeluarkan uang untuk membeli perangkat video game. Sebelum hal tersebut tercapai, sepertinya para konsumer akan lebih memilih untuk menyimpan uangnya selama keadaan ekonomi terus bergejolak yang juga telah berdampak pada sektor teknologi lainnya.

Meskipun perusahaan Sony mengalami tekanan untuk mengikis harga produk unggulannya di bidang industri video game, yakni PlayStation 3, CEO Sony Howard Stringer menyatakan bahwa pihaknya tidak akan menurunkan harga PlayStation 3 dalam jangka waktu dekat ini. Di pihak lainnya, Microsoft Xbox 360 diharapkan akan mengalami penurunan harga pada musim gugur ini, dan bahkan rumor terbaru yang mengatakan bahwa Nintendo Wii juga akan menurunkan harganya pada musim liburan tahun ini.

Para analis optimis bahwa industri video game ini akan bisa pulih kepada keadaan semula pada tahun ini, namun mereka mengatakan bahwa para produsen “game console” diharuskan untuk menurunkan harga untuk prosuk “game console” mereka dan setidaknya setiap “game console” harus memiliki paling tidak satu permainan utama yang dapat dapat memuaskan konsumer.

Sumber : dailytech.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s