Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Para Peneliti Menemukan Kaitan Antara Gen Pada Otak Dengan Kegemukan 31 Juli 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 00:10
Tags: , , , , , ,

Apa kaitan gen, otak, dan kegemukan?

picbrainanatomi

Ditemukan sebuah varian yang terdapat pada sebuah gen (plasma pembawa sifat keturunan) yang aktif di pusat sistem saraf otak memiliki kaitan dengan peningkatan resiko dalam hal kegemukan (obesity), menurut sebuah studi internasional di Albert Einstein Collage of Medicine of Yeshiva University. Penelitian tersebut menambahkan kejelasan tentang bagaimana gen-gen tersebut mempengaruhi nafsu makan dan otak menjadi pemain kunci dalam hal kegemukan.

Robert Kaplan, Ph.D., seorang professor di bidang “Epidemiology and Population Health” terlibat secara langsung dalam studi internasional ini, yang melibatkan 34 institusi penelitian dan dipublikasikan secara online di “PLoS Genetics”. Dr. Kaplan dan beberapa koleganya dari Amerika Serikat dan Eropa menemukan bahwa orang yang mewariskan gen dengan varian “NRXN3” memiliki 10 hingga 15 persen peningkatan resiko mengalami kegemukan dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki varian gen tersebut. Para peneliti memeriksa berkas data dari 8 riset yang berkaitan dengan gen dan berat badan. Studi ini melibatkan lebih dari 31.000 orang Eropa, dengan usia berkisar antara 45 sampai 70 tahun, yang mewakili jajaran orang dengan kebiasaan makan dan kesehatan yang bervariasi.

Setelah melakukan analisa lebih dari 2 milliar bagian genome (satu set kromosom dari sebuah organisme), para peneliti menemukan bahwa gen dengan varian “NRXN3” memiliki faktor yang mengakibatkan kegemukan. Secara keseluruhan, para peneliti menemukan varian gen ini pada 20 persen orang dari keseluruhan yang diriset tersebut.

“Sebelumnya kita sudah mengetahui sejak lama bahwa kegemukan berkaitan dengan karakter bawaan turunan, namun gen spesifik yang berhubungan dengan hal itu sangat sulit ditemukan,” ujar Dr. Kaplan. Namun selain itu, ada banyak faktor lainnya yang mempengaruhi kegemukan, misalnya tipe makanan dan jumlah makanan yang kita konsumsi setiap harinya, berapa banyak anda melakukan olahraga, serta bagaimana tubuh anda melakukan metabolisme. “Oleh karena itu kami mencari gen-gen yang mungkin memiliki peranan kecil terhadap situasi yang komplek tersebut” tambah Dr. Kaplan.

“NRXN3” merupakan gen ketiga yang berpengaruh terhadap kegemukan yang telah teridentifikasi. Faktanya adalah ketiga gen tersebut secara aktif menyandikan protein pada otak secara signifikan dengan intensitas tinggi.

“Pertimbangkanlah berapa banyak faktor yang terkait dengan kegemukan, hal yang menarik bahwa penelitan secara signifikan meningkat dan merunjuk pada otak sebagai salah satu pelaku penting dalam hal ini” tukas Dr. Kaplan.

Mengidentifikasi gen penyebab kegemukan dapat menolong kita dalam mencegah “fenomena” kegemukan terus berlanjut, serta memudahkan kita untuk memastikan perlakuan yang tepat terhadap hal ini di masa yang akan datang. “Suatu hari kita dapat mengelompokkan beberapa gen penyebab kegemukan ke dalam suatu percobaan genetik untuk mengidentifikasi setiap orang yang memiliki resiko kegemukan dan kemudian mengingatkan mereka untuk memperhatikan nafsu makan dan kegiatan olahraga mereka” ujar Dr. Kaplan.

Nah, mungkin penjelasan ilmiah ini dapat menjawab “rasa penasaran” kita seputar keadaan sosial dalam kehidupan kita sehari-hari dimana terdapat banyak keluarga yang notabene orang tua mereka gemuk, maka anak-anaknya juga kebanyakan akan berisiko mengalami kegemukan juga.

Sumber : livescience.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s