Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Internet Menjadi Dewa Penolong Di Tengah Krisis Ekonomi 2 Agustus 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 02:04
Tags: , , , ,

Riset membuktikan bahwa internet dapat menjadi penolong dalam kesulitan ekonomi seperti sekarang ini.

picekonomiinternet

Surammnya ekonomi yang berdampak terhadap seluruh dunia membuat orang terus berbondong-bondong mencari peluang untuk menyelamatkan keadaan finansial mereka. Di Amerika Serikat dan beberapa Negara maju di Eropa, sejumlah besar orang ‘berserah diri’ pada dunia maya alias internet sebagai ‘dewa penolong’

Mencari pekerjaan baru yang semakin sulit sekarang ini, menyimpan uang, menjual barang-barang berharga milik pribadi atau mengajukan pinjaman telah dilakukan banyak orang melalui internet. Dunia maya juga menjadi “alat” yang digunakan untuk mencari nasehat tentang bagaimana cara mengamankan kondisi finansial ditengah-tengah krisis ekonomi ini.

Dalam studi yang dilakukan oleh Pew Internet dan America Life Project, diketahui bahwa 69% warga Amerika Serikat, kini masuk dalam kategori “pengguna ekonomi online” seperti yang dilansir oleh detikinetCom. Selain itu, mereka juga mencari peluang-peluang dengan memanfaatkan internet untuk menyelamatkan kondisi finansial mereka melalui dunia maya.

Adapun aktifitas-aktiftas yang dilakukan untuk mendapatkan informasi agar dapat menyelamatkan kondisi keuangan mereka di dunia maya ini antara lain seperti berbagi video, foto atau audio yang berkaitan dengan ekonomi sebanyak (11%), kemudian memposting komentar mengenai isu ekonomi (9%) , kemudian 2% lainnya telah bergabung dengan grup jejaring sosial seperti facebook yang berkaitan dengan finansial.

Penelitian yang dilakukan oleh Pew Internet dan American Life Project ini menunjukkan bahwa internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat sekarang ini, khususnya di Negara-negara maju. Lebih dari itu, dapat dikatakan bahwa internet telah menjadi ‘dewa penolong’ bagi mereka yang mengalami masalah keuangan.

Sumber : detikinet.com

 

2 Responses to “Internet Menjadi Dewa Penolong Di Tengah Krisis Ekonomi”

  1. SurauNet Says:

    Mungkin lebih pas disebut sebagai media pelampiasan ketimbang dewa penolong.

  2. Mungkin tidak juga.. Kalau dibilang media pelampiasan kan kesannya negatif, sedangkan di kasus ini internet sebagai hal yang positif.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s