Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Para Ilmuan Menemukan Strain Baru Virus HIV 5 Agustus 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 00:40
Tags: , , , , , , , ,

Untuk pertama kalinya ilmuan menemukan strain baru virus HIV yang berasal dari Gorila.

picdnamodel

Sebelumnya para peneliti menemukan strain virus HIV-1, sumber utama dari infeksi virus HIV terhadap manusia yang ditularkan dari Simpanse atau yang disebut dengan SIV (Simian Immunodeficiency Virus). Namun sekarang para ilmuan menemukan infeksi/penularan virus HIV pada seorang wanita yang kemudian dikaitkan dengan strain baru dari virus HIV dengan penularan dari Gorila, seperti yang dilaporkan oleh “Nature Medicine Report”.

Seorang peneliti kemudian meyakinkan kepada BBC bahwa meskipun itu adalah tipe baru dari virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) , namun obat-obatan yang digunakan sebelumnya untuk penderita HIV tetap dapat membantu dalam pengobatan pasien.

Seorang dokter berkebangsaan Prancis merawat seorang pasien HIV wanita asal Kamerun yang berusia 62 tahun yang kemudian menemukan beberapa ketidaksesuaian dan perbedaan dengan pengujian virus yang biasanya mereka lakukan pada virus HIV. Lebih jauh para analis dan ilmuan yang melakukan pemeriksaan virus HIV menyimpulkan bahwa virus yang diderita oleh wanita ini lebih mendekati strain SIV (Simian Immunodeficiency Virus) pada Simpanse dibandingkan dengan HIV pada manusia.

Wanita ini merupakan satu-satunya manusia yang dikabarkan terinfeksi strain baru dari virus ini, namun para peneliti masih melakukan penelitian lebih lanjut apakah sebelumnya ada kasus serupa atau tidak.

Para analis dan ilmuan yang bekerja di laboratorium mengkonfirmasikan bahwa virus ini dapat melakukan replikasi (membentuk tiruan baru) di dalam sel manusia.

Dr David Robertson, seorang ilmuan dari University of Manchester mengatakan bahwa kejadian ini merupakan kejadian pertama kali terjadinya penularan langsung virus HIV yang berasal dari sumber lain selain Simpanse.

“Kejadian ini juga kemudian mendemonstrasikan bahwa evolusi virus HIV sedang dalam prosesnya “ tegas Dr Robertson.

Virus ini dapat ‘melompat’ dari satu spesies ke spesies lainnya, dari satu jenis primata ke primata lainnya, dan itu termasuk kita sebagai manusia” tambah Dr Robertson.

Wah, apakah benar virus HIV telah berevolusi? Mari bersama-sama kita lihat perkembangannya ke depan.

Sumber : news.bbc.co.uk

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s