Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Para Ilmuan Astronomi Menemukan Planet Mirip Bumi 8 September 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 01:12
Tags: , , ,

Para astonom menemukan planet mirip dengan bumi atau sering disebut dengan “Earth-Like” yang dapat dihuni di luar sistem tata surya kita..

picreddrawf

Ditemukan sebuah exoplanet’ yang memiliki radius kira-kira 50 persen lebih besar dari bumi dan disinyalir memiliki cairan seperti air pada bumi di permukaannya.

Menggunakan teleskop ESO 3.6-m, sebuah tim yang terdiri dari ilmuan-ilmuan dari Prancis dan Portugal menemukan sebuah planet super mirip dengan bumi kita yang kemungkinan besar dapat dihuni oleh manusia. Exoplanet ini, beginilah para astronom ini menamai planet-planet yang dikelilingi sebuah bintang selain matahari merupakan exoplanet yang paling kecil yang pernah ditemukan.

“Kami memperkirakan bahwa suhu rata-rata ‘planet super’ ini berkisar diantara 0 sampai dengan 40 derajat Celsius, dan kami juga menemukan cairan yang diperkirakan sama dengan air yang ada di bumi, “ jelas Stephane Udry, dari Geneva Observatory (Switzerland) yang sekaligus pemimpin penulisan paper yang melaporkan hasil tersebut. Ditambahkan lagi, dari data model yang ada, dapat dilihat bahwa planet tersebut memiliki struktur bebatuan dan diselimuti oleh lautan atau samudera.

“Air memang merupakan hal sangat penting dalam kehidupan seperti yang kita ketahui” tukas Xavier Delfosse, seorang member dari tim yang berasal dari Grenoble, sebuah universitas di Prancis.

“Karena suhu atau temperaturnya yang relatif sama dengan bumi, planet ini akan kemungkinan besar menjadi target yang penting dan utama dari misi luar angkasa di masa mendatang untuk mencari kehidupan lainnya selain bumi.

Hasil dari penjelajahan ini tidak terlepas dari peran HARPS (High Accuracy Radial Velocity for Planetary Searcher), yang mungkin adalah salah satu ‘spektograf’ yang paling presisi. Berlokasi di teleskop ESO 3.6-m di Silla, Chili, HARPS mampu mengukur ketepatan dengan presisi lebih rinci dari satu meter/dt atau sekitar 3,6 km/jam. HARPS merupakan salah satu perangkat paling sukses dalam hal mendeteksi exoplanet. HARPS telah memiliki beberapa catatan menarik tentang exoplanet sebelumnya, termasuk penjelajahan dari ‘Trio of Neptunes’.

“HARPS merupakan mesin pemburu planet yang unik.” Ujar Michel Mayor, seorang observator dan kepala bidang investigasi HARPS dari Geneva, Swiss.

Wah.. Mungkinkan exoplanet ini akan menjadi tujuan eksodus manusia berikutnya di masa depan?

Sumber : astrobio.net

 

2 Responses to “Para Ilmuan Astronomi Menemukan Planet Mirip Bumi”

  1. Agus Suhanto Says:

    thanks e atas tulisannya yg bagus… kenalkan sy Agus Suhanto

  2. Sama-sama.. Salam kenal juga..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s