Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Wikipedia Sudah Mulai Tidak Populer Lagi?? 8 September 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 01:01
Tags: , , ,

Wikipedia sudah tidak sehebat awal-awal kemunculannya..

picwikipedia

Para ahli memperkirakan, nama besar wikipedia sebagai situs ensiklopedia online yang mumpuni sudah mulai luntur dalam kurun waktu beberapa tahun ini.

Sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Palo Alto Research Center di California, AS mengungkapkan hal itu lewat penelitian mereka baru-baru ini. Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah, hal apakah yang menyebabkan turunnya popularitas dan nama besar Wikipedia ini?

Ternyata, kemunduran popularitas enslikopedia online ini tidak terlepas dari penurunan kualitas konten-konten yang disediakan. Para peneliti bahkan meyakini dan menemukan fakta bahwa jumlah pengeditan konten yang dibuat oleh Wikipedia setiap bulannya mengalami penurunan yang signifikan. Hal inilah yang membuat Wikipedia menjadi kurang populer lagi.

Wikipedia memang memungkinkan setiap orang memiliki hak dalam menambahkan atau mengurangi konten yang ada di dalammnya. Namun, semua itu tentunya masih dalam pengawasan editor-editor khusus dari Wikipedia agar kontennya tetap berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dikatakan bahwa dalam perkembangannya, situs ensikopedi online ini mulai tidak ramah dengan lagi dengan kedatangan editor-editor baru. Hal ini jugalah kemudian yang menyebabkan jumlah editor yang dimiliki oleh Wikipedia bergeming. Selain jumlah editornya yang tidak bertambah, keaktifan mereka juga sudah tidak segencar pada masa kejayaannya.

Para peneliti ini memaparkan bahwa jumlah artikel yang ditambahkan oleh Wikipedia perbulannya mentok di angka 60.000 di tahun 2006, dan terus mengalami penurunan sebesar sepertiganya pada tahun berikutnya. Sedangkan jumlah pengeditnya juga mentok di kisaran angka 5,5 juta dan 750.000.

Sumber : detikinet.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s