Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Ilmuan Melakukan Rekonstruksi Wajah Mummi Berumur 800 Tahun SM 12 September 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 00:45
Tags: , , , , ,

Dengan menggunakan CT-scans, University of Chicago’s Oriental Institute me-rekonstruksi kembali wajah mummi dari masa silam sekitar 800 tahun SM.

picmummi1picmummi2

Mummi yang telah lama meninggal telah dibuat seolah hidup kembali dengan menggambaran kembali sketsa wajahnya yang dilakukan oleh sebuah tim sains di bidang forensik.

Berdasarkan CT-scans terhadap tengkorak kepala mummi Mesir kuno ini, para ilmuan berhasil me-rekonstruksikan kembali seorang wajah mummi berjenis kelamin perempuan. Mummi ini adalah Meresamun, yang pada jaman itu merupakan seorang penyanyi di sebuah kuli di Thebes (Luxor kuno) yang hidup sekitar 800 tahun SM. Disinyalir, mummi ini meninggal pada usia 30, namun sayang tidak diketahui dengan jelas penyebab kematiannya.

Para ilmuan kemudian membuat model sketsa digital hasil pemindaian tengkorak kepala Meresamun dengan beberapa detil penggambaran. Dari data hasil pemindaian, dapat dimunculkan kira-kira bentuk wajah dari sang “biduan” jaman dulu ini.

Seorang seniman bidang forensik bernama Joshua Harker menggunakan metode “Gatliff-Snow American Tissue Depth Marker” untuk mengkalkulasi bentukan wajah mummi ini dan kemudian menghasilkan sebuah konstruksi wajah digitalnya. Metode ini sering digunakan dalam identifikasi wajah koban kriminalitas atau lainnya. Metode ini memiliki akurasi yang cukup baik dan dapat diterima.

“Tengkorak kepala adalah arsitektur penenetu dari wajah seseorang, semua proporsi dan penempatan wajah terletak disana, hanya saja jika Anda mengerti bagaimana cara membacanya,” ujar Harker.

Meresamun adalah sosok perempuan yang memiliki tubuh yang sangat sehat, hingga saat dia meninggal di usianya yang ke-30”, tukas Michael Vannier, seorang radiologist dari Univesity of Chicago. “Kekuatan tulang-tulangnya dan nutrisi yang termineralisasi dengan baik pada tulang-tulangnya memberikan kesan bahwa dia hidup dengan gaya hidup yang aktif pada jaman itu,” tambah Vannier.

Hasil rekonstruksi kembali sketsa wajah dari Meresamun hingga saat ini masih dipajang, lengkap dengan tubuh mumminya di University of Chicago’s Oriental Institute Museum hingga 6 desember mendatang.

* SM : Sebelum Masehi.

* CT : sebuah metode pengujian organ tubuh dengan melakukan pemindaian menggunakan sinar X serta menggunakan komputer untuk mengkonstruksikan pemodelannya (Wordweb).

* Luxor : sebuah kota purbakala di pusat Mesir di daerah tepi sebelah timur sungai nil (Wordweb).

* Thebes : Sebuah daerah purbakala sekitar sungai nil di Mesir dengan peninggalan arkeologi berupa reruntuhan kuil-kuil dan makam yang tertata rapi (Wordweb).

Sumber : LiveScience.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s