Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Walah, Diduga Terima Suap Sejumlah Profesor Di Jerman Diselidik 12 September 2009

Filed under: News — Fendy Chandra @ 00:42
Tags: , , , ,

Walah.. sejumlah profesor Di Jerman diselidik gara-gara diduga terima suap.

picpalu

Para jaksa di Jerman tengah menyelidiki sejumlah profesor yang berkisar sekitar 100 orang di seantero Jerman karena diduga menerima suap untuk membantu mahasiswa meraih gelar Doktoral.

Penyelidikan difokuskan ke Institut Konsultan Ilmu Pengetahuan yang berbasis di Bergisch Gladbach, dekat kota Cologne. Perusahaan tersebut disinyalir sebagai perantara antara mahasiswa dan para professor, ujar jaksa penuntut Cologne, Geunther Feld.

Feld melaporkan informasi penyelidikan tersebut kepada majalah Fokus dan harian Neue Westfaelische, namun institut yang disebutkan tidak menanggapi laporan tersebut. Menurut laporan tersebut, para mahasiswa membayar 4000 euro hingga 20000 euro atau sekitar Rp. 57 juta hingga Rp. 285 juta ke perusahaan yang berjanji dapat membantu mereka untuk mendapatkan gelar doktor mereka.

Dilaporkan, perusahaan ini melakukan kontak yang cukup sering dengan para pengajar di beberapa universitas. Harian Neue Westfaelische melaporkan, ada sekitar ratusan mahasiswa yang terlibat dengan kasus itu.

Dilaporkan lagi, perusahaan ini membayar para profesor sekitar 2.000 euro dan 5.000 euro atau sekitar Rp.29 juta hingga Rp. 72 juta ketika mahasiswa berhasil mendapatkan gelar doktor ini. Para professor yang sedang diselidiki ini berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Walah.. Kalau Indonesia gimana ya kira-kira?? Ada ngak ya yang seperti itu??

Sumber : Kompas.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s