Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Pluto : Planet atau Bukan Ya?? 29 November 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 13:16

Pluto.. Planet atau bukan ya?? Kira-Kira??

Pasti kita sering mendengar kata “Pluto” bukan? Apa sih yang menarik dari si “Pluto” ini? Nah, Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai Pluto.

picpluto

Pluto pertama kali ditemukan pada tahun 1930 oleh seorang astronom yang bernama Clyde Tombaugh. Pluto merupakan sebuah “drawf planet” atau planet kecil/kerdil yang berada paling jauh di sistem tata surya. Ukuran Pluto hanya sekitar dua hingga tiga kali lebih besar dibandingkan dengan bulan. Pluto merupakan planet yang sangat dingin, bahkan dapat dikatakan sebagai “ekstrem” dinginnya sehingga nitrogen dan oksigen saja merupakan zat padat atau solid di Pluto ini. Suhu permukaan Pluto diperkirakan sekitar -233 derajat celcius. Wow, kebayang ngak bagaimana dinginnya?

Pluto memerlukan waktu 247.9 kali tahun Bumi untuk dapat mengelilingi/mengorbiti matahari dalam sekali waktu. Pluto mengalami rotasi penuh setiap 6.8 hari. Jarak Pluto dari matahari adalah sekitar 5.9 miliar kilometer.Diameter ukuran pluto adalah 2.360 kilometer.

Pluto memiliki satelit yang berfungsi sama seperti bulan di Bumi yang bernama Charon. Pluto juga memilki dua “bulan” lainnya yang ditemukan oleh Hubble Space Telescope, dan merekadinamakan Nix dan Hydra.

Pada dasarnya Pluto bukan sebuah planet.Mengapa begitu? Berdasar pada penelitian para ilmuan tahun 2006 pada bulan agustus lalu yang berjumlah sekitar 2500 ilmuan. Mereka kemudian mendefenisikan arti dari sebuah planet. Para ilmuan tersebut menyatakan bahwa “Pluto dianggap “gagal” disebut sebagai sebuah planet”. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, para ilmuan telah mengkalkulasi ukuran dari Pluto dan menyatakan bahwa Pluto tidak cukup besar untuk dikategorikan sebagai sebuah planet, namun Pluto tetap dikenal sebagai “drawf planet” atau planet kecil/kerdil. Namun pada perkembangannya ada juga yang menyatakan bahwa Pluto adalah sebuah planet pada sebuah konferensi lainnya. Nah, inilah sedikit ulasan pengetahuan tentang Pluto. Semoga bermanfaat.

Sumber: funky-facts

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s