Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Teh, Coklat, dan Wine Meningkatkan Kinerja Otak 29 November 2009

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 13:32
Tags: , , , , , ,

Benarkah coklat, wine, dan teh dapat meningkatkan kinerja otak kita??

piccocoa

Sebuah tim dari Oxford’s Department of Physiologi, Anatomy and Genetics and Norway menguji keterkaitan antara daya kognitif (teori) manusia dan bahan makanan atau minuman dari tiga bahan yang mengandung flavonoids, yakni coklat, wine, dan teh. Pengujian ini melibatkan 2.013 partisipan yang kesemuanya sudah berumur, yakni berkisar antara umur 70-74 tahun.

Keseluruhan partisipan diminta untuk mengisi formulir tentang informasi kebiasaan makan mereka sehari-hari, dan kemudian melakukan pengujian atau tes kognitif. Ternyata partisipan yang mengkonsumsi coklat, wine, dan teh memiliki hasil tes yang jauh lebih baik daripada yang tidak mengkonsumsi ketiga bahan makanan tersebut. Tim ini kemudian melaporkan temuan mereka pada Journal of Nutrition.

Jenis buah-buahan dan minuman seperti teh, wine, cocoa (coklat), dan kopi merupakan sumber utama dari polyphenols, yakni micronutrients yang banyak ditemukan pada makanan atau minuman berjenis tanaman. Subkelas terbesar dari susunan polyphenols adalah flavonoids, dan flavonoids ini telah banyak dilaporkan dalam temuan beberapa penelitian di masa yang lalu, dimana orang yang mengkonsumsi banyak flavonoids ini memiliki resiko lebih rendah mengalami penyakit dementia.

Penelitian terakhir ini kelihatannya memberikan indikasi dan dukungan terhadap teori-teori sebelumnya. Meskipun demikian, para peneliti masih tetap memperhatikan banyak aspek dan berencana melakukan penelitian lainnya yang akan diperlukan untuk mendukung serta membuktikan bahwa flavonoids inilah yang menjadi faktor utama dalam peningkatan kinerja otak manusia, terutama dalam hal kognitif manusia.

Namun, bukan serta-merta kita kemudian harus mengkonsumsi minuman atau makanan tersebut dalam jumlah yang terlalu banyak, misalnya saja kopi dan wine, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak malah akan membahayakan kesehatan kita bukan?

* Flavonoids: Sebuah kelas dalam pigmen tanaman yang memiliki struktur kimia yang sama seperti flavones, dimana flavones adalah senyawa crystalline yang tidak berwarna yang merupakan bagian dari sejumlah pigmen tanaman yang berwarna putih atau kuning.

* Wine : minuman yang telah mengalami fermentasi, khususnya pada anggur.

* Micronutrients : substansi nutrisi dengan jumlah yang sedikit yang diperlukan oleh makhluk hidup, contohnya : vitamin atau mineral

* Dementia : sejenis penyakit kemunduran mental yang dapat dialami oleh makhluk hidup.


Sumber : sciencedaily

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s