Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Mengapa Suara Kita Hilang Saat Sakit Tenggorokan ??? 24 Februari 2010

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 12:47
Tags: , , , , , ,

Pernah kehilangan suara saat sakit tenggorokan yang terkadang suara kita menjadi seksi-seksi gimana gitu?? J Kenapa hal tersebut bisa terjadi?? Berikut penjelasannya…

picphonesound

Mulut kita memiliki dua lipatan jaringan otot elastis yang memungkinkan kita untuk dapat memproduksi suara. Ada beberapa sebab yang dapat mengubah suara kita, bahkan dalam beberapa kasus dapat membuat kita sama sekali tidak bisa mengeluarkan suara untuk sementara waktu.

Setiap kita memiliki vocal cords, yang panjang membentang pada larynx, yakni sebuah struktur di dalam mulut yang berbentuk seperti tabung/silinder yang terletak di batang tenggorokan kita. Pada waktu kita diam atau tidak mengeluarkan suara, vocal cords ini dalam keadaan rileks, dan gap/celah diantara kedua lubang dalam keadaan terbuka lebar. Namun, ketika kita berbicara atau mengeluarkan suara, celah itu menjadi berdekatan dan udara dari paru-paru melewatinya serta kemudian menggetarkan vocal cords tersebut yang akan menghasilkan suara.

Nah, jika vocal cords ini mengalami iritasi, yang bisa disebabkan oleh bakteri-bakteri atau infeksi lainnya, maka dengan otomatis hal ini akan mengubah kualitas suara kita atau dalam beberapa kasus berbicara pun menjadi tidak mungkin untuk dilakukan. Kejadian ini biasanya disebut dengan laryngitis, yang biasanya akan sembuh sendirinya dalam waktu dua mingguan.

Nah… paling tidak kita sedikit banyak sudah mengetahui mengapa terkadang suara kita menghilang entah kemana kan?? Sebaiknya kita tetap menjaga kesehatan mulut dan badan kita setiap harinya agar terhindar dari bakteri-bakteri yang menggangu.. J

Semoga bermanfaat.. J

Sumber : Science illustrated

 

One Response to “Mengapa Suara Kita Hilang Saat Sakit Tenggorokan ???”

  1. sam Says:

    thank’s y


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s