Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Bisakah Reptil Terserang Demam?? 1 Maret 2010

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 17:35
Tags: , , , ,

Mungkin kita sering bertanya-tanya . Apakah hewan reptil bisa terserang penyakit demam layaknya kita manusia??. Hmm.. Bisa ngak ya?? Kira-kira gimana?? Berikut penjelasannya.

sickcroc

Para ilmuan mengelompokkan binatang-binatang melalui sumber panas yang mereka hasilkan. Hewan atau binatang yang dapat mengatur suhu tubuh mereka di dalam tubuh secara otomatis disebut dengan endothermic, Mamalia dan unggas termasuk ke dalam kategori endotherms, sedangkan reptil, amphibi, serta ikan termasuk ke dalam kategori ectotherms.

Nah, reptil biasanya meregulasi atau mengatur suhu tubuh mereka dengan cara berbaring di bawah terik sinar matahari atau dengan mencari tempat teduh.

Untuk manusia, suhu tubuh normal adalah di antara 98.6 derajat Fahrenheit, namun apabila kita terserang penyakit, tubuh kita melawan infeksi dengan menaikkan thermostats dalam tubuh kita secara otomatis, inilah kondisi yang kita sebut dengan demam.

Beda dengan hewan reptile, mereka tidak mampu mengatur suhu tubuh secara konstan, atau menaikkan suhu tubuh secara konstans apabila mereka terkena infeksi.

Menurut Lauren Augustine, seorang penjaga kebun binatang bagian amfibi dan reptil di New York, Amerika Serikat, reptil seringkali berjemur di bawah terik matahari dalam jangka waktu yang lama apabila mereka terserang penyakit, dimana cara ini akan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit tersebut.

Nah, pertanyaannya adalah apakah reptil bisa terserang demam sama seperti kita manusia atau hewan mamalia? Jawabannya adalah tidak, karena reptil tidak mampu secara otomatis mengatur suhu di dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, dunia reptil tidak mengenal yang namanya demam.

Sumber : Science illustrated

 

2 Responses to “Bisakah Reptil Terserang Demam??”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s