Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Kulit Sintetis Bakal Diproduksi Secara Massal 20 Mei 2010

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 02:04
Tags: , , ,

Kulit buatan akan diproduksi secara massal dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

artificialskin

Kulit bukan bagian tubuh yang hanya memliki fungsi agar setiap kita bisa terlihat lebih menarik. Lebih dari itu, kulit juga membantu menjaga tubuh kita dari infeksi, dehidrasi, dan lain sebagainya. Sebegitu pentingnya fungsi dari kulit bagi makhluk hidup ini, membawa para ilmuan kemudian berlomba-lomba untuk menciptakan kulit buatan yang akan berguna bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya. Selama bertahun-tahun juga, para dokter telah mencoba menemukan cara terbaik untuk mengembangkan kulit buatan, namun pada prosesnya untuk mengembangkan kulit buatan atau yang sering juga disebut dengan kulit sintetis ini selalu terkendala dengan biaya yang mahal dan membutuhkan waktu yang lama.

Namun itu dulu, sebuah tim dari Fraunhofer-Gesellschaft science institute di Jerman menemukan cara baru untuk menghasilkan kulit sintetis yang diklaim akan diproduksi secara massal yang kemudian tentunya akan juga dibarengi dengan harga yang lebih terjangkau. Ke depannya, hasil penemuan mereka diharapkan akan dapat digunakan untuk membantu masalah-masalah kulit, khususnya dalam bidang kedokteran, misalnya pemindahan kulit, operasi plastik, atau bahkan untuk keperluan pengujian kosmetik.

Direncanakan, kulit sintetis ini akan mulai dipasarkan pada tahun ini, dengan kapasitas produksi sekitar 5000 contoh kecil kulit sintetis manusia dalam sebulannya yang dipastikan biaya penjualan akan sangat murah bila dibandingkan dengan harga yang ada untuk saat ini.

Untuk tambahan, dalam penyediaan kulit baru untuk korban kebakaran, produk ini sekaligus juga sekaligus mengambil alih peran kulit binatang dalam hal pengobatan dan pengujian kosmestik yang ada selama ini.

Sebuah penemuan dan pencapaian yang fantastis dan tentunya sangat bermanfaat bagi kebanyakan orang.

Sumber : popsci.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s