Fendy Chandra Science and Technology Weblog

Brings Science and Technology in Your Hands

Bank ASI Bagi Bayi 21 Mei 2010

Filed under: Science and Technology — Fendy Chandra @ 21:53
Tags: , , ,

Bank ASI ??? Seberapa pentingkah ???

breastmilk

Kalau bank darah sudah barang tentu kita semua pernah mendengarnya. Bagaimana kalau bank ASI (Air Susu Ibu)?? Mungkinkah bank ASI ini akan berguna bagi para bayi yang membutuhkan??

Dari penelitian yang ada, dapat dikatakan bahwa ASI adalah nutrisi yang mutlak bagi bayi pada masa-masa awal perkembangannya, baik itu perkembangan fisik maupun perkembangan otak.

Nah, bagaimana cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan ASI terhadap para bayi-bayi yang memerlukan asupan ASI namun tidak bisa mendapatkannya??

Pergerakan sedang dimulai

Sekitar 2000 ibu-ibu mendonasikan ASI mereka ke bank ASI pada tahun 2008 di Amerika. Tiga bank ASI baru pun didirikan di Kansas City, Newton, dan Portland. Rumah sakit memberi insentif uang sekitar 3 hingga 5 US Dollar untuk setiap satu ons ASI yang didonasikan ke bank ASI ini, yang kemudian akan pihak rumah sakit akan melakukan uji coba, pasteurisasi dan kemudian membekukannya hingga nantinya diperlukan untuk didonasikan kepada bayi yang membutuhkan.

Mandy Belfort, seorang neonatologis di rumah sakit Boston Amerika, mengatakan bahwa beberapa wanita tidak menghasilkan ASI yang cukup, keseringan hal ini dikarenakan bayi mereka yang lahir terlalu awal. Mandy menambahkan, mendonasikan ASI merupakan suatu hal yang tidak begitu dipahami oleh banyak wanita.

Ini yang ada di Amerika, bagaimana dengan Indonesia???

ASI memiliki kualtas yang lebih baik untuk bayi

Meskipun sekarang ini banyak bemunculan susu-susu formulasi yang mengklaim memiliki nutrisi yang komplit yang dibutuhkan oleh bayi, namun para ilmuan mengatakan ASI adalah susu dengan nutrisi yang terbaik. Dimana hal ini juga diperkuat dengan hasil penelitian bahwa bayi-bayi yang diberi ASI memiliki perkembangan yang lebih baik daripada bayi yang hanya diberi susu formulasi karena ASI memiliki antibody yang membantu bayi untuk melawan infeksi-infeksi dan membantu mereka berkembang lebih baik.

Dengan begitu banyak manfaat bagi bayi, apakah bank ASI ini akan menjadi sebuah alternatif yang baik bagi bayi-bayi yang memerlukan nutrisi-nutrisi penting di awal-awal tumbuh kembangnya?? Bagaimana dengan perkembangan dan kebutuhan bank ASI di Indonesia?? Hmm.. walaupun hal ini tidak begitu berkembang di negara tercinta kita ini, bagaimana kalau kita tetap menggalakkan gerakan ASI.

Sumber : usatoday.combay

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s